Penyebab Tiba-tiba Gatal Seluruh Badan, Gejala dan Cara Mencegahnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi kulit gatal (Pixabay.com)

Ilustrasi kulit gatal (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kulit gatal adalah sensasi yang tidak nyaman dan menjengkelkan yang membuat Anda ingin menggaruk. Salah satu penyebab tiba-tiba gatal seluruh badan karena memiliki kulit kering. Hal tersebut umum terjadi pada orang usia dewasa, karena kulit cenderung menjadi lebih kering seiring bertambahnya usia.

Tergantung pada penyebab gatal Anda, kulit Anda mungkin tampak normal, merah, kasar atau bergelombang. Goresan berulang dapat menyebabkan area kulit yang tebal terangkat yang mungkin berdarah atau infeksi.

Banyak orang merasa lega dengan tindakan perawatan diri seperti pelembab setiap hari, menggunakan pembersih lembut dan mandi dengan air hangat. Bantuan jangka panjang membutuhkan identifikasi dan pengobatan penyebab kulit gatal. Perawatan umum adalah krim obat, salep, dan obat anti-gatal yang diminum. 

Gejala kulit tiba-tiba gatal

Kulit gatal dapat mempengaruhi area kecil, seperti kulit kepala, lengan atau kaki, atau seluruh tubuh. Kulit gatal dapat terjadi tanpa perubahan nyata lainnya pada kulit. Atau mungkin terkait dengan kondisi seperti di bawah ini:

1. Kemerahan

2. Tanda gores

3. Benjolan, bintik atau lecet

4. Kulit kering dan pecah-pecah

5. Bercak kasar atau bersisik

Terkadang rasa gatal berlangsung lama dan bisa intens. Saat Anda menggosok atau menggaruk area tersebut, itu akan terasa lebih gatal. Dan semakin gatal, semakin Anda menggaruk. Memutus siklus gatal-garuk ini bisa menjadi sulit.

Temui dokter atau spesialis penyakit kulit (dokter kulit) jika gatal:

1. Berlangsung lebih dari dua minggu dan tidak membaik dengan tindakan perawatan diri

2. Sangat parah dan mengalihkan perhatian Anda dari rutinitas sehari-hari atau mencegah Anda tidur

3. Datang tiba-tiba dan tidak bisa dijelaskan dengan mudah

4. Mempengaruhi seluruh tubuh Anda

5. Disertai dengan tanda dan gejala lain, seperti penurunan berat badan, demam atau keringat malam

Jika kondisi ini berlanjut selama tiga bulan meskipun telah diobati, temui dokter kulit untuk dievaluasi penyakit kulitnya. Mungkin juga perlu menemui dokter spesialis penyakit dalam (internis) untuk dievaluasi terhadap penyakit lain.

Baca: Ketahui Penyebab Kulit Gatal saat Udara Dingin

MAYOCLINIC

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."