5 Tips Liburan Akhir Tahun Bersama Keluarga, Susun Rencana Perjalanan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi liburan keluarga (pixabay.com)

Ilustrasi liburan keluarga (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat ini, tiket dot com online travel agent (OTA) di Indonesia, tengah menggelar OTW (Online Tiket Week), the most loved campaign from the most loved OTA, hingga 04 November 2022. Dengan diskon hingga 50 persen + 20 persen untuk semua lini produk unggulan, kehadiran OTW jadi simbolisasi pemulihan dunia pariwisata domestik dan internasional.

Masyarakat Indonesia gemar berwisata berkelompok. Hal tersebut dilakukan untuk mempererat hubungan kerabat hingga ciptakan memori baru yang indah dan seru. Namun, bagi orang tua, tentunya merencanakan liburan keluarga tidaklah mudah. 

Simak tips liburan akhir tahun bersama keluarga berikut ini:

1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan

Riset dan persiapkan segala macam dokumen yang dibutuhkan. Mulai dari paspor dan visa untuk keberangkatan ke luar negeri, hingga kartu identitas seperti KTP dan SIM untuk perjalanan domestik.

2. Susun rencana perjalanan

Susun rencana perjalanan yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. tiket To-Do memiliki banyak pilihan atraksi yang populer yang dapat dimasukkan sebagai salah satu itinerary liburan, mulai dari Madame Tussauds Singapore, Singapore Safari Night, Universal Studios Singapore dan Tokyo, LEGOLAND Malaysia, Genting SkyWorld Theme Park, Bangkok: Mahanakhon SkyWalk, Lotte World Theme Park Seoul, Studio Ghibli Museum di Tokyo, hingga Asakusa Temple.

3. Perlengkapan kesehatan

Mencegah lebih baik daripada mengobati! Perhatikan musim dan sesuaikan pakaian dengan musim di negara tujuan. Persiapkan obat-obatan, vitamin, hingga perlengkapan kesehatan yang dibutuhkan selama berwisata, serta asuransi perjalanan untuk menjadikan pengalaman wisata semakin nyaman dan aman.

4. Manajemen waktu

Jika destinasi pilihan hanya dapat dicapai dengan pesawat, maka bijaklah dalam mengatur waktu, mulai dari pembelian tiket agar dapat duduk berdampingan, hingga jam tiba di bandara untuk tidak tergesa-gesa mengikuti semua prosedur sebelum terbang.

5. Cukup uang saku

Siapkan uang saku yang cukup dan pastikan bank penerbit kartu kredit menerima informasi jadwal dan destinasi perjalanan agar transaksi untuk konsumsi dan belanja dapat terlaksana dengan aman dan nyaman.

Raisa berbagi tips yang ia lakukan ketika berwisata bersama keluarga dan buah hati.  “Aku sudah merencanakan budget liburan jauh-jauh hari dengan turut memperhatikan keinginan semua anggota keluarga yang berwisata. Alokasi budget terbesar pun biasanya untuk kenyamanan hotel atau akomodasi dan jajan kuliner. Selain itu, aku juga pastikan bahwa ada satu hari spesial di mana kami semua akan fokus pada hiburan dan atraksi untuk anak.”

Baca: Liburan Akhir Tahun di Sumbawa, Intip Gaun Pilihan Luna Maya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."