Manfaat Kumis Kucing untuk Kesehatan, Cegah Batu Ginjal dan Mengobati Jerawat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Daun kumis kucing.

Daun kumis kucing.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah Anda, jika manfaat kumis kucing sering digunakan untuk mengobati batu ginjal dan masalah pada saluran kemih. Kumis kucing adalah obat herbal dengan nama ilmiah Orthosiphon stamineus keluarga Benth mint (Lamiaceae). 

Jenis tanaman ini menyukai kelembaban, cahaya, dan sering tumbuh di tanah yang kaya humus di dekat hutan, dekat air atau di lembah. Kumis kucing adalah tanaman herbal dengan tinggi mulai dari 30 hingga 50 cm (terkadang lebih tinggi). Batang persegi, kaku, tegak, biasanya ungu-cokelat, dengan sedikit rambut, sedikit bercabang.  Daun kumis kucing mengandung beberapa saponin, alkaloid, minyak atsiri, tanin, asam organik dan minyak lemak. 

Simak manfaat kumis kucing untuk kesehatan:

1. Mencegah dan mengobati batu ginjal

Dalam studi pada pasien, kumis kucing kering memiliki efek alkalizing darah, adanya bahan aktif orthosiphonin dan garam kalium dalam kumis kucing memiliki efek menjaga asam urat dan garam urat dalam bentuk larut, sehingga mencegah pengendapannya untuk membentuk batu ginjal, dikombinasikan dengan sifat diuretikuntuk mencegah dan mengobati batu ginjal. 

2. Menurunkan tekanan darah

Ekstrak daun kumis kucing telah terbukti memiliki efek antihipertensi, terutama tekanan darah sistolik karena vasodilatornya, pengurangan afterload jantung, dan efek diuretik.

3. Hipoglikemia

Ekstrak daun kucing telah terbukti memiliki efek hipoglikemik pada pasien diabetes, tetapi efek ini tidak selalu efektif. Mekanisme aksi mungkin karena fakta bahwa itu merangsang pembentukan glikogen di hati. Selain itu, komponen asam ursolat dalam kumis kucing mengurangi gula darah, sehingga digunakan untuk mengobati diabetes di beberapa negara. 

4. Melindungi hati

Kumis kucing juga telah terbukti memiliki efek perlindungan pada hati yang rusak akibat overdosis parasetamol. 

5. Meningkatkan daya tahan

Bahan aktif flavonoid dalam daun kumis kucing memiliki efek antioksidan, melawan radikal bebas yang merusak sel dan sistem kekebalan tubuh, sehingga kumis kucing juga memiliki efek antioksidan dan meningkatkan daya tahan tubuh. 

6. Mengobati jerawat

Ketika mempelajari efektivitas pengobatan jerawat, ditemukan bahwa emulsi yang mengandung 2 perse ekstrak kumis kucing memiliki efek mengurangi sebum dan ukuran jerawat pada orang dengan kulit berminyak, efektif dalam mencegah dan mengobati jerawat. 

7. Asam urat

Tanaman ini memiliki efek diuretik dan anti-inflamasi, sehingga sangat baik untuk penderita asam urat. Karena beberapa komponen kimia dalam ramuan ini dapat mengurangi jumlah urea, klorida dan asam urat dalam tubuh. 

Baca: Ketahui Penyebab dan Tips Mengobati Jerawat Batu yang Membandel

VINMEC

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."