10 Cara Berhenti Mencintai Seseorang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita percaya diri. Freepik.com/Drobotdean

Ilustrasi wanita percaya diri. Freepik.com/Drobotdean

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat cinta memudar atau beracun bisa menyebabkan banyak kesusahan. Jika Anda berada dalam situasi yang sama dan sedang mencari cara berhenti mencintai seseorang, maka Anda di ulasan yang tepat.  Proses melepaskan diri dari seseorang yang pernah memiliki ikatan mendalam dengan Anda tidaklah mudah, tetapi dengan beberapa tips dan trik, Anda dapat terus maju atau move on dan menjalani hidup yang bahagia.

Ada banyak alasan mengapa orang ingin berhenti mencintai seseorang. Sebut saja karena tidak jatuh cinta lagi, cinta bertepuk sebelah tangan, atau berada dalam hubungan beracun

Dengan sederet kenangan bersama pasangan, move on dari suatu hubungan bisa terasa sangat melelahkan pada awalnya, tetapi jangan khawatir karena begitu Anda menciptakan tempat yang bahagia untuk diri sendiri di hati Anda, Anda akan dapat memahami cara menyembuhkan patah hati.

Berikut 10 Cara Berhenti Mencintai Seseorang:

1. Terima Kebenaran

Hubungan yang gagal sulit untuk diterima, tetapi jujur pada diri sendiri adalah salah satu kunci untuk berhenti mencintai seseorang dan move on. Tidak ada tombol off di hati yang bisa membantu mematikan emosi kita.

Cinta adalah emosi yang bernuansa, oleh karena itu, tidak apa-apa bagi Anda untuk meluangkan waktu sebanyak yang diperlukan untuk memahaminya. Menerima kenyataan bahwa Anda perlu pindah dari seseorang yang pernah memiliki hubungan mendalam dengan Anda bisa menyakitkan, tetapi juga bisa sangat membebaskan.

Setelah Anda jujur dengan perasaan Anda, Anda akan bisa mendapatkan beberapa perspektif tentang hubungan Anda. Dengan perspektif baru, perasaan cinta Anda untuk alasan tertentu, mungkin mulai berkurang seiring waktu.

2. Self Love

Mencintai diri sendiri atau self love adalah bagian penting dari hidup kita. Sebab membuat kita memperlakukan diri sendiri dengan kebaikan, kepositifan, dan kasih sayang. Sering kali, ketika kita sedang jatuh cinta, kita membuat keputusan dengan mengingat prioritas orang lain. Perawatan diri terkadang hilang saat jatuh cinta.

Tapi itu adalah sesuatu yang harus Anda kerjakan jika Anda ingin move on dari seseorang. Jika Anda mencari cara berhenti mencintai seseorang, yang pertama dan terpenting cintai diri sendiri, baru orang lain. 

Ada banyak cara untuk melatih self love seperti berikut:

  • Terlibat dalam aktivitas yang Anda sukai
  • Latih rasa syukur
  • Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang mendukung
  • Merenung
  • Temukan tempat kebahagiaanmu
  • Maafkan dirimu
  • Nikmati saat ini
  • Bicaralah dengan teman
  • Bebaskan dirimu dari hal negatif
  • Ketika Anda mulai memiliki 'me-time', segala sesuatu dalam hidup Anda akan kembali ke tempatnya, dan Anda akan dapat meremajakan diri sendiri.

3. Jangan Malu Mencari Bantuan

Patah hati tidak mudah untuk dihadapi, jadi jika Anda mencari cara berhenti mencintai seseorang yang tidak mencintai Anda, mencari bantuan dari seorang profesional termasuk di dalamnya. Jika Anda merasa bingung tentang emosi Anda, atau berada di tempat yang gelap, yang terbaik adalah mendapatkan bantuan terapis dan mencari strategi yang sehat untuk mengatasi emosi Anda.

4. Tetap Dekat dengan Sahabat dan Keluarga

Sahabat dan anggota keluarga adalah "rumah" yang memberikan kekuatan dan bimbingan untuk mengatasi emosi kita. Jika Anda mencoba melupakan seseorang, bicarakan dengan keluarga dan sahabat, jangan sungkan meminta dukungan. Jika memungkinkan, lakukan perjalanan bersama mereka, dan habiskan waktu sebanyak mungkin dengan orang-orang yang mendukung untuk menyembuhkan diri sendiri.

5. Biarkan Waktu Menyembuhkan Segalanya

Pepatah terkenal 'waktu menyembuhkan segalanya' sangat penting dalam kehidupan setiap orang. Sesulit apapun situasinya, kita harus bersabar dan membiarkan waktu berjalan dengan sendirinya dan menyembuhkan segalanya, termasuk melupakan seseorang.

Salah satu cara untuk berhenti mencintai seseorang adalah dengan memberi diri Anda waktu, dan biarkan diri Anda menuju jalan petualangan baru yang penuh dengan kegembiraan.

Baca juga: 5 Tips Move On dari Pasangan yang Selingkuh

6. Introspeksi

Introspeksi adalah kunci untuk mengidentifikasi kebutuhan hubungan dan pemecah kesepakatan. Ini akan membantu Anda bersama orang yang tepat, dan membangun hubungan yang sehat seumur hidup dengan mereka.

Apa yang kamu cari dari pasangan hidup? Berapa banyak ruang yang Anda butuhkan dalam suatu hubungan? Apa gaya komunikasi Anda? Mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda mengetahui apakah seseorang memenuhi kebutuhan Anda atau tidak, dan akan mencegah patah hati.

Intropeksi juga bisa membuat Anda mengenali emosi, akan lebih mudah bagi Anda untuk menerima dan melanjutkan.

7. Kelola Pikiran Negatif

Wajar jika hati dipenuhi pikiran negatif saat mencoba move on dari seseorang. Cobalah bersantai. Jika Anda dihantui oleh pertanyaan seperti 'mengapa ini terjadi pada saya?', 'Saya memberikan segalanya dalam hubungan ini, namun mengapa orang itu tidak membalas cinta saya?', sebagai gantinya tanamkan pikiran 'Tidak apa-apa, jika itu terjadi pada saya. Semuanya baik-baik saja itu berakhir dengan baik, dan saya berada di tempat yang lebih baik sekarang; dan 'Saya cukup untuk diri saya sendiri, dan akan mempraktikkan cinta-diri untuk menjadi bahagia.'

Afirmasi positif dapat banyak membantu Anda melupakan seseorang yang mungkin tidak tepat bagi Anda.

8. Cari Distraksi

Cobalah untuk mengalihkan perhatian Anda dengan melakukan perjalanan bersama teman-teman, menonton film, pergi ke taman hiburan, menonton video game, atau mendengarkan musik untuk memberi diri Anda beberapa kenyamanan. Tidak perlu melakukan sesuatu yang produktif, cukup lakukan aktivitas yang membuat Anda merasa gembira dan menenangkan.

9. Nikmati Momen Saat Ini

Memberi diri Anda ruang dan menikmati saat ini penting untuk move on dari masa lalu. Jarak adalah teman baik Anda saat Anda mencoba untuk move on. Menahan diri dari melakukan apa pun yang akan menyalakan kembali perasaan salah satu perjuangan. Berada di masa sekarang sebanyak yang Anda bisa, dan tidak tinggal di masa lalu. Seiring waktu, ini akan membantu Anda meninggalkan perasaan cinta yang sudah berakhir.

10. Menatap Masa Depan

Waktu tidak pernah berhenti untuk siapa pun, jadi jika Anda tetap terjebak di masa lalu terlalu lama, Anda akan kehilangan peluang yang bisa membuat Anda bahagia di masa sekarang dan masa depan. Jika Anda terus membandingkan semua orang yang Anda temui dengan mantan Anda atau terus membaca kembali teks lama dari mantan Anda, Anda mungkin akan kesulitan menemukan kebahagiaan.

Ingat, ada cinta yang menanti di mana-mana. Dan, begitu Anda tahu apa yang Anda inginkan dalam suatu hubungan, Anda akan dapat menemukan cinta sejati dengan mudah. 

Itulah beberapa cara berhenti mencintai seseorang. Cobalah untuk mengatasi keterikatan yang melekat dan menemukan kebahagiaan. Ingat, cinta selalu ada di sekitar Anda, dan meskipun mungkin tampak sedikit suram saat ini. Namun begitu Anda menetapkan ekspektasi hubungan yang tepat, Anda selalu dapat menemukan kebahagiaan. Cinta sejati adalah kebahagiaan dan permata yang berharga, jadi bersabarlah dan biarkan angin cinta menyentuh hatimu pada waktu yang tepat.

PINK VILLA

Baca juga: 10 Cara untuk Move On dari Mantan, Semua Butuh Proses

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."