10 Cara untuk Move On dari Mantan, Semua Butuh Proses

Move on dari mantan setelah putus cinta adalah proses yang butuh waktu dan tak perlu dilakukan dengan terburu-buru. (Pexels/mikoto.raw)

cinta

10 Cara untuk Move On dari Mantan, Semua Butuh Proses

Sabtu, 20 Maret 2021 23:09 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Move on dari mantan setelah putus cinta adalah hal yang tidak mudah. Perpisahan penuh dengan emosi purba, termasuk rasa sakit atau patah hati, marah, dan sedih. Meski patah hati terasa seperti akhir dunia, pada kenyataannya rasa sakit dan kesedihan yang kini kamu rasakan bersifat sementara.

Melupakan mantan dan kembali menata diri untuk masa depan mungkin proses yang melelahkan. Tapi move on bukanlah keniscayaan. Very Well Mind merangkum beberapa cara terbaik untuk move on setelah putus cinta. 

1. Tak perlu terburu-buru melupakan mantan

Melupakan mantan adalah sebuah proses. Ini bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan dengan terburu-buru. Berkencan dengan orang baru tak lama setelah putus juga bukan cara yang tepat untuk move on

2. Rasakan kesedihan yang sedang kamu alami

Mengabaikan perasaan, berpura-pura menganggapnya tidak terjadi, atau mencoba membungkam emosi dengan cara tertentu hanya akan memperlambat pemulihan diri. Jujurlah tentang rasa sakit, dan penolakan yang kamu rasakan. Tak ada salahnya untuk menangis saat kamu merasa sedih. Kemampuan untuk jujur pada perasaan yang ditimbulkan setelah putus cinta bisa jadi petunjuk langkah selanjutnya yang perlu diambil.

3. Curhat ke teman dekat

Berbicara dengan sahabat bisa jadi cara untuk membantu kamu move on. Mintalah saran mereka tentang cara terbaik yang perlu kamu lakukan. Jika ternyata itu tak cukup, pertimbangkan untuk berbicara dengan terapis, konselor, atau pemimpin agama. Mereka dilatih untuk membantu orang mengatasi perpisahan.

4. Hapus jejak mantan dari media sosial

Melakukan stalking pada mantan hanya akan menghambat pemulihan perasaanmu. Setiap kali kamu melihat unggahan fotonya, itu hanya akan membuat luka hatimu basah kembali. Jadi, cara terbaik adalah segera unfollow semua akun media sosial dia.

Baca juga: 5 Jurus Jitu Berhenti Stalking Mantan Pacar di Media sosial

5. Buat daftar hitam mantan

Kenangan indah memang sulit dilupakan, tapi sadarilah bahwa itu semua telah berakhir. Lihatlah hubungan kalian dengan jujur. Untuk membantumu move on, buatlah daftar semua hal yang pernah dilakukan mantan yang membuat kamu kesal. Dengan demikian, kamu mungkin akan menyadari bahwa mantanmu tak sehebat yang kamu kira. 

6. Jaga dan manjakan diri

Hanya karena pasanganmu telah mengakhiri suatu hubungan, tidak berarti dirimu tidak berharga atau tidak pantas dicintai. Janganlah fokus pada kesalahan yang mungkin telah kamu lakukan. Alih-alih demikian, fokuskan dirimu untuk mencari tahu hal yang bisa membuatmu merasa lebih baik. Luangkanlah waktu untuk memanjakan diri. Namun, ini bukan waktunya untuk minum berlebihan, makan makanan cepat saji, atau bolos kerja berulang kali. 

Baca juga: Apa Itu Self Love dan Bagaimana Cara Membedakannya dengan Selfish

7. Temukan kembali siapa dirimu

Jika selama ini dirimu terikat erat dalam hubungan kamu dengan mantan, sekarang adalah waktu yang tepat untuk menemukan kembali siapa dirimu sebenarnya. Sering kali, hubungan gagal karena pasangan tidak cocok atau memiliki tujuan atau kebutuhan yang berbeda. Pastikan kamu meluangkan waktu untuk menemukan siapa dirimu dan apa yang kamu inginkan.

8. Tulislah jurnal harian

Mencurahkan isi hati dengan tinta dan kertas kadang bisa membantu. Membuat jurnal soal yang ada dalam pikiranmu bisa menjadi katarsis. Kamu juga bisa menulis surat untuk mantanmu dan mengungkapkan semua pikiran ataupun perasaanmu. Tapi bukan berarti kamu perlu mengirimkan surat itu kepadanya. Ini adalah proses simulasi yang membantumu membayangkan apa yang harus diutarakan kala bertemu dengan mantan. 

9. Lepaskan kemarahan dalam dirimu

Ingatkan diri sendiri bahwa memaafkan bukanlah tentang melupakan. Ini tentang membebaskan dirimu dari ikatan dengan mantan. Menyimpan amarah dan kebencian dari patah hati, serta menyalahkan mantan atas putusnya hubungan justru membuatmu terikat padanya. Latih cara pandangmu ke masa depan dan fokus pada cara berbeda yang akan kamu pilih di masa mendatang.

10. Lakukan hal positif

Menjadi single berarti kamu punya banyak waktu untuk diri sendiri. Kejarlah minat yang terpendam dan punya banyak sisi positif. Lakukan sebanyak mungkin kegiatan positif. Yang paling penting, carilah cara untuk bersyukur bahwa hubungan yang menyakitkan telah berakhir.

Saat kamu berhasil move on artinya kamu telah mengambil tanggung jawab atas kebahagiaan diri sendiri. Alih-alih melupakan atau menghapus masa lalu yang menyakitkan, kamu mengatasi kegelisahan, memahami kekecewaan, kesedihan, dan amarah hingga tak lagi menjadi penghalang. 

Jangan biarkan dirimu jatuh ke dalam lubang nestapa dan mempercayai bahwa mantan adalah belahan jiwamu. Lupakan konsep soulmate. Kencan dan hubungan cinta adalah tentang membuat pilihan, dan ada banyak orang di luar sana yang mungkin lebih baik untukmu. 

Sekali lagi, menangislah hari ini jika memang kamu butuhkan. Tapi ingatlah untuk belajar move on dari mantan dan cintai dirimu mulai sekarang.

Baca juga: 6 Tanda Bahwa Hubungan Cinta Kamu dan Si Dia Sudah Berakhir

VERY WELL MIND | PSYCHOLOGY TODAY