Penyebab Sulit Tidur setelah Nonton Film Horor dan Cara Mengatasinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita tidur bermasalah. Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi wanita tidur bermasalah. Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Meski tahu adegan-adegan menyeramkan di film horor hanyalah akting, banyak di antara kita yang masih ketakutan, bahkan sulit tidur setelah menonton. Ternyata itu merupakan efek fisiologis dan neurologis setelah melihat tayangan horor.

"Meskipun kita tahu bahaya dalam film horor tidak nyata, tapi persepsi bahaya itu nyata. Bisa disebabkan oleh suara keras atau sesuatu yang muncul tiba-tiba di film,” kata peneliti neurosinematik Michael Grabowski, PhD, ketua Departemen Komunikasi.di Manhattan College, dan editor buku teks Neuroscience and Media: New Understandings and Representations.

Ketika sampai pada respons ketakutan neurologis, otak tidak dapat membedakan antara ancaman nyata dan ancaman yang dirasakan, kata Jonathan S. Abramowitz, profesor psikologi dan ilmu saraf di Universitas Carolina Selatan di Chapel Hill, Amerika Serikta.

Akibatnya, sistem saraf simpatik (perlawanan) diaktifkan usai nonton film horor, sama seperti saat menghadapi ketakutan di kehidupan nyata.

"Pelepasan adrenalin melibatkan perubahan fisiologis seperti jantung berdebar kencang dan ketegangan otot, serta perubahan mental, seperti pikiran negatif dan pemikiran bencana," kata Dr. Abramowitz.

Alasan Nonton Film Horor Bikin Sulit Tidur

Karena respons ketakutan fisik dan mental itu dibangun untuk melindungi kita dari bahaya, hal itulah yang membuat kita tetap waspada usai menonton film horor, kata Dr. Abramowitz. Waspada alias sama sekali tidak mengantuk)untuk sementara waktu karena naluri evolusi.

Jika Anda menonton film horor mendekati waktu tidur, maka semakin besar kemungkinan sulit tidur. Sebab tubuh membutuhkan waktu untuk memecah adrenalin yang dilepaskan dan menenangkan respons tersebut. Ditambah lagi, jika sebelumnya Anda punya kesulitan untuk tertidur, maka semakin memperburuk, kata Dr. Grabowski.

Sementara itu, menurut analis mimpi Lauri Loewenberg, merenungkan apa yang baru saja Anda tonton dapat membuat gambar dan emosi dari filmakan  meresap ke dalam mimpi Anda. Jadi, jika Anda khawatir tentang hal itu terjadi, kekhawatiran itu saja dapat memiliki efek membuat Anda sulit tidur.

Kiat Atasi Sulit Tidur setelah Nonton Film Horor

Yang pertama, perlu diketahui bahwa respons rasa takut alami tubuh akan terjadi usai menonton film horor, sekalipun Anda tergolong pemberani. Jadi, terima rasa tersebut sebagai respons normal dari tubuh, kata Dr. Abramowitz.

“Ketika kita mencoba melawan pengalaman yang normal dan aman ini, itu sebenarnya dapat memperburuk keadaan dengan membuat kita lebih sibuk.”

Ada baiknya juga merangkul perasaan pasca-film horor sebagai hal yang positif. Sebab menurut sosiolog dan pakar ketakutan, Margee Kerr, respons melawan itu juga memicu pelepasan hormon dopamin dan serotonin, yang dapat meningkatkan suasana hati setelah saraf mereda.

Faktanya, menurut Abramowitz, itulah alasan kebanyakan orang menonton film horor. Mereka ingin merasakan sensasi dari keadaan ketakutan dan penuh kejutan. 

Jika kecemasan atau ketakutan bertahan lama, berbicara dengan teman atau orang yang Anda cintai dapat membantu. Mampu mengakui ketakutan Anda dan tertawa dengan seseorang mampu mengembalikan suasana hati positif serta memperkuat gagasan bahwa ketakutan itu sendiri adalah alarm palsu, kata Dr. Grabowski. 

Jika berpotensi alami mimpi buruk, Loewenberg mengingatkan pentingnya memilih waktu menonton film jauh sebelum waktu tidur.

'Mimpi pertama, yang terjadi sekitar 90 menit sebelum tidur, pada dasarnya adalah memberi jalan bagi mimpi yang lebih dalam dan bermakna yang terjadi lebih dekat saat Anda bangun di pagi hari,” katanya.

Jadi, disarankan melakukan ritual santai sebelum tidur, jauhkan ponsel Anda dari jangkauan, minum teh yang membuat Anda mengantuk, dan lakukan apa pun yang menenangkan jiwa Anda, bisa meditasi atau membaca, atau mendengarkan musik yang menenangkan.

WELL+GOOD

Baca juga: 8 Cara Atasi Sulit Tidur, Salah Satunya Tidur di Waktu yang Sama Setiap Hari

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."