8 Cara Atasi Sulit Tidur, Salah Satunya Tidur di Waktu yang Sama Setiap Hari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi tidur. Unsplash.com/Kinga Cichewicz

Ilustrasi tidur. Unsplash.com/Kinga Cichewicz

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah kamu alami sulit tidur? Beragam penyebabnya antara lain stres, pola makan yang buruk hingga jarang berolahraga. Jika hal itu berlanjut dalam waktu yang lama, maka dapat mengakibatkan gangguan tidur yang serius.

Alangkah baiknya menerapkan beberapa cara untuk memperbaiki sulit tidur yang umum, seperti dilansir dari laman Pink Villa, Jumat, 2 April 2021.

1. Pola tidur teratur

Kontrol pola tidur yang sehat dan pertahankan secara teratur. Pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

2. Batasi alkohol dan minuman yang mengandung kafein

Batasi konsumsi alkohol atau stimulan apa pun seperti kafein sebelum tidur. Sebab, kafein membantu Anda tetap terjaga.

3. Kurangi waktu tidur siang

Tidur dalam waktu yang lama pada jam-jam yang tidak biasa membuat Anda sulit untuk istirahat dan tidur nyenyak di malam hari. Jadi, kurangi waktu tidur siang, maksimal 30 menit.

4. Olahraga

Jangan melewatkan rutinitas olahraga setiap hari. Berolahragalah setiap hari untuk memiliki inti yang kuat dan menjaga kesehatan secara umum.

5. Jangan beraktivitas di tempat tidur 

Saat sudah berada di tempat tidur, jangan melakukan aktivitas apa pun. Jangan menelepon, membaca, menulis, atau belajar di tempat tidur.

6. Jangan makan saat waktunya tidur

Jangan makan atau minum apa pun setelah waktunya tidur karena hal ini dapat menimbulkan masalah pada saluran pencernaan. Masalah pencernaan adalah salah satu penyebab paling umum dari masalah tidur.

7. Ciptakan lingkungan kamar yang nyaman

Ciptakan lingkungan kamar tidur yang menenangkan dan nyaman. Buat menjadi gelap dengan mematikan semua lampu, bersihkan tempat tidur, dan tidak berantakan. Anda juga bisa meletakkan oil-diffuser di kamar agar wangi dan menyegarkan.

8. Hindari stres menjelang tidur

Stres adalah salah satu penyebab utama masalah tidur yang banyak dialami selama pandemi. Kurangi stres dengan berlatih yoga, meditasi, tetap positif dan bahagia dan selalu tersenyum untuk mengurangi tingkat stres.

Baca juga:

Selain Minum Kopi, 6 Kebiasaan Ini Memicu Sulit Tidur

PINK VILLA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."