Selain Sikat Gigi, 5 Cara Berikut Bisa Atasi Bau Mulut usai Makan Petai

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi petai. (Pixabay.com/Endry Yana)

Ilustrasi petai. (Pixabay.com/Endry Yana)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Petai nikmat disantap dengan sambal ataupun dijadikan lalapan. Tapi sejumlah orang menghindarinya sebab petai bisa menimbulkan bau menyengat di mulut atau saat buang air kecil. Bagi penggemar petai ataupun yang baru mau mencoba, kekhawatiran itu bisa diatasi dengan cara mudah. Dari menyikat gigi hingga mengonsumsi makanan dan minuman tertentu, berikut cara menghilangkan bau petai yang bisa dicoba.

6 cara mengatasi bau mulut setelah makan petai

1. Minum air putih

Minum air putih bisa menjaga area mulut tetap lembap sekaligus mempercepat proses pembersihan rongga mulut dari sisa petai yang terselip di antara gigi.

2. Menyikat gigi

Sesaat setelah makan petai, sikat gigi Anda menggunakan pasta gigi mengandung fluoride. Pastikan Anda menggosok gigi sampai ke bagian dalam atau sela-selanya agar tidak ada lagi sisa pete yang tersisa di rongga gigi.

3. Membersihkan lidah

Selain menempel pada sela-sela gigi, sisa petai berukuran kecil mungkin saja mengendap di permukaan lidah. Hal inilah yang dapat memicu bau mulut. Jadi, saat menyikat gigi jangan lupa membersihkan lidah.

4. Menggunakan obat kumur

Setelah menggosok gigi, gunakan obat kumur. Pilihlah obat kumur antiseptik, kemudian gunakan cairan ini untuk berkumur selama beberapa menit guna membersihkan area gigi dan mulut dari sisa-sisa petai. Berkumur menggunakan obat kumur bisa membuat napas Anda menjadi lebih segar setelah makan pete dan terhindar dari berbagai masalah gigi dan mulut.

5. Flossing (benang gigi)

Flossing gigi adalah kegiatan membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang. Langkah ini dilakukan dengan membersihkan plak dan kotoran yang tidak dapat dijangkau dengan sikat gigi untuk memastikan tak ada lagi sisa petai yang tersangkut di sela-sela gigi.

6. Mengonsumsi makanan dan minuman tertentu

Selain dengan menjaga kebersihan area gigi dan mulut, bau petai juga dapat dihilangkan dengan mengonsumsi makanan dan minuman tertentu, seperti susu, permen karet, yogurt, apel dan pir, seledri, wortel, dan mentimun, kacang-kacangan, serta teh hijau.

Buah-buahan dan sayuran dapat membantu menambah produksi air liur untuk membantu membilas bakteri penyebab bau mulut.

Sementara, kacang-kacangan mengandung serat dapat berperan sebagai sikat gigi alami yang mampu menjadi cara menghilangkan bau mulut untuk sementara waktu. Adapun teh hijau mengandung katekin, yakni suatu jenis antioksidan yang dapat melawan bakteri penyebab bau mulut. 

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."