6 Manfaat Kunyit untuk Tubuh, Menyehatkan Jantung dan Hati

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi Kunyit. shutterstock.com

Ilustrasi Kunyit. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kunyit salah satu rempah-rempah yang tak hanya digunakan salah satu bumbu masakan, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Curcumin, bahan aktif utama rempah-rempah dan yang memberikan warna kuning,yang memberi kunyit sifat terapeutiknya. Selain menjadi antioksidan yang sangat kuat, kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Berikut manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh.

1. Menjaga Pencernaan

Kunyit bisa sangat membantu dalam pencernaan makanan tersebut. Karena kualitas anti-inflamasi senyawa, kunyit sangat membantu dalam mengobati masalah pencernaan seperti gas, kram, dan gangguan radang usus.

2. Meningkatkan Fungsi Hati

Efek antioksidan kuat kunyit dapat mencegah kerusakan hati dari radikal bebas, polutan, obat-obatan, dan produk limbah sekaligus menjaga kesehatan hati. Kunyit juga dapat membantu dalam menurunkan timbunan lemak hati dan iritasi dengan menghilangkan kelebihan kolesterol.

3. Dapat Membantu Mengelola Diabetes

Menurut penelitian, kunyit mampu menurunkan respons peradangan dan stres, dua kondisi yang diduga terkait dengan peningkatan insulin. Maka dari itu, kunyit dipercaya bermanfaat bagi penderita diabetes. Bahkan menambahkan kunyit ke dalam makanan mungkin bisa menghentikan perkembangan pradiabetes atau setidaknya memperlambatnya.

4. Membuat Kulit Bersinar

Antioksidan dan elemen anti-inflamasi yang ditemukan dalam kunyit dapat membantu kulit terlihat lebih muda dan lebih berkilau. Penggunaan kunyit menghentikan sel-sel kulit menempel satu sama lain. Zat tersebut juga berhasil menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat karena memiliki sifat antiseptik dan antibakteri.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kunyit dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah secara keseluruhan dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular atau bahkan serangan jantung dengan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Banyak tonggak dalam perkembangan penyakit jantung dapat dikembalikan dengan penggunaan kurkumin.

6. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kunyit sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mengembangkan perlindungan terhadap penyakit musiman karena adanya kurkumin di dalamnya. Curcumin juga memiliki banyak potensi sebagai penguat sistem kekebalan tubuh.

Saat memutuskan cara mengonsumsi kunyit, perlu diingat bahwa nutrisi supernya, kurkumin, waspada terhadap air. Untuk meningkatkan penyerapan kunyit, sangat ideal untuk mengonsumsinya dengan sedikit lemak, seperti susu biasa di dasar teh kunyit Anda.

PINK VILLA

Baca juga: 4 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Rahim, Salah Satunya Bantu Atasi Endometriosis

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."