Kunyit, Si Bumbu Kuning Kaya Manfaat

Ilustrasi kunyit. Unsplash.com/Chinch Le Duc

kesehatan

Kunyit, Si Bumbu Kuning Kaya Manfaat

Selasa, 30 Maret 2021 12:51 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Pandemi membuat semakin banyak orang menjaga ketat kesehatan mereka. Salah satu caranya tentu melalui asupan makan, bisa dengan kunyit.

Kunyit menjadi salah satu rempah yang sudah tidak asing lagi. Melansir dari tatlerthailand, menurut pengobatan dari barat dan praktik Ayurveda, rempah kuning ini memiliki banyak maanfaat bagi terapeutik dan penyembuhan. Berikut adalah tiga manfaat kesehatan utama dari kunyit:

Baca: 4 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Rahim, Salah Satunya Bantu Atasi Endometriosis

1. Senyawa Bioaktif dengan Sifat Mengobati Kunyit kering mengandung kurkumin, senyawa yang memiliki efek anti inflamasi. Kurkumin berguna untuk membantu tubuh melawan bakteri dan virus. Kunyit sering digunakan sebagai ramuan medis juga karena sifat antioksidan, antimutagenik, antimikroba dan antikankernya. Beberapa penyakit dapat diatasi melalui manfaat anti-inflamasi kunyit, termasuk berbagai nyeri kronis, infeksi, dan kondisi mata yang merosot.

2. Meningkatkan Kapasitas Antioksidan Tubuh Kunyit juga mengandung senyawa yang menghasilkan aktivitas antioksidan, sehingga dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas secara berlebihan dapat menyebabkan stres oksidatif, yang merusak sel, berkontribusi pada penuaan. Senyawa dalam kunyit efektif memblokir radikal bebas dan merangsang enzim antioksidan tubuh.

3. Meningkatkan Fungsi Otak dan Menurunkan Resiko Penyakit Otak Senyawa kurkumin sangat kuat, sehingga dapat meningkatkan tingkat BDNF (faktor neurotropik yang diturunkan dari otak) di otak. Meringankan gangguan otak, seperti depresi dan Alzheimer, terkait dengan penurunan hormon. Oleh karena itu, kunyit efektif dalam menunda dan membalikkan banyak penyakit otak, terutama yang berkaitan dengan usia.

Tips menambahkan Kunyit Dalam Makanan Dengan bahan yang luar biasa, orang sering menambahkannya ke dalam masakan sehari-hari. Berikut beberapa cara Anda bisa menggunakan kunyit sebagai bahan masakan. Bagi yang suka minum smoothie, Anda bisa mencampurkan kunyit ke dalamnya untuk membumbui smoothie Anda. Atau bisa juga merebusnya dengan santan, jahe, kayu manis, dan madu, atau yang dikenal dengan kunyit latte.

Bagi pencinta nasi, tambahkan saja bubuk kuning cerah ini ke dalam nasi Anda untuk mempercantik hidangan. Salah satu cara umum untuk menggunakan ramuan agung ini adalah dengan menggunakannya dalam sup untuk meningkatkan vitamin dan nutrisi. Kunyit juga bisa dipanggang dengan sayuran atau ditambahkan ke dalam telur orak-arik, atau tahu untuk pilihan orak-arik vegan.