Penyebab Wajah Memerah setelah Olahraga dan Cara Mengatasinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita olahraga. Freepik.com/Wayhomestudio

Ilustrasi wanita olahraga. Freepik.com/Wayhomestudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain rasa panas dan keringat, sejumlah orang alami wajah memerah setelah olahraga. Apakah itu normal? Jawabannya iya. Wajah memerah merupakan respons normal terhadap aktivitas fisik. Penyebab wajah memerah merupakan reaksi peningkatan aliran darah. Simak ulasan berikut beserta cara menghindari dan mengatasinya

Penyebab Wajah Memerah setelah Olahraga

Setelah berolahraga, terjadi peningkatan aliran darah, yang juga bermanifestasi sebagai wajah memerah atau merah.

"Wajah memerah yang terjadi setelah latihan disebabkan oleh vasodilatasi pembuluh darah superfisial di kulit wajah," kata Blair Murphy, dokter kulit bersertifikat di New York, Amerika Serikat, seperti dikuti dari Real Simple.

Pada dasarnya, wajah memerah setelah olahraga ini kebanyakan dialami oleh orang-orang yang memiliki lebih banyak pembuluh kapiler. Darah Anda dipompa lebih cepat untuk memaksimalkan asupan oksigen, sehingga pembuluh kapiler melebar untuk memungkinkan lebih banyak oksigen mengalir ke otot yang aktif sambil juga mendorong panas ke permukaan untuk mencegah panas berlebih.

Wajah memerah ini mungkin lebih terlihat pada warna kulit yang cerah. Sebab pemilik warna kulit yang lebih gelap terkadang dapat menutupi kemerahan yang lebih ringan, kata Arash Akhavan, dokter kulit bersertifikat di New York, Amerika Serikat.

Selain itu, secara genetik, orang yang memiliki jaringan pembuluh darah kecil bisa membuat kemerahan di wajah lebih terlihat.

Cara Mencegah Wajah Memerah setelah Olahraga

1. Pilih pakaian yang ringan

Meskipun wajah kemerahan yang Anda alami selama berolahraga tidak dapat sepenuhnya dielakkan, Anda dapat mengambil tindakan untuk mengurangi kemerahan tersebut. Sebagai permulaan, cobalah berolahraga di lingkungan yang sejuk dan kenakan pakaian berwarna terang serta longgar.

2. Hindari alkohol, kafein, dan makanan pedas

Hindari minum alkohol sebelum berolahraga. "Konsumsi alkohol bisa melebarkan pembuluh darah, meningkatkan aliran darah, dan kemerahan pada wajah," kata Corey L. Hartman, dokter kulit bersertifikat dan pendiri Skin Wellness Dermatology.

Batasi pula konsumsi makanan pedas, kafein, cokelat, dan paparan sinar matahari karena semuanya menyebabkan peradangan dan membuat kapiler terlihat lebih jelas.

3. Jauhi perawatan kulit yang berpotensi menyebabkan iritasi

Orang yang kerap alami wajah memerah usai berolahraga  juga harus menghindari penggunaan bahan-bahan produk perawatan kulit yang bisa mengiritasi dan peradangan, seperti produk berbasis alkohol, krim dengan kandungan asam tinggi, atau retinoid yang keras.

"Sebaliknya, gunakan produk dengan bahan anti-inflamasi seperti asam hialuronat, vitamin C, dan niacinamide," ucap dr. Akhavan. Vitamin C sangat penting karena merupakan antioksidan yang mengurangi stres oksidatif pada kulit dan memberikan lapisan perlindungan ekstra terhadap sinar UVA dan UVB (sinar matahari dapat memperburuk kemerahan).

Cara Mengatasi Wajah Memerah

1. Carilah perawatan laser profesional

Meskipun tidak ada metode pencegahan atau pengobatan yang benar untuk wajah merah, ini dapat dikelola dengan mengurangi gejala dan mencegah kekambuhan melalui perawatan laser.

"Perawatan laser pewarna berdenyut dapat menghancurkan pembuluh darah kulit superfisial, yang secara signifikan mengurangi kemerahan yang dialami pasca-latihan," kata Dr. Murphy.

2. Oleskan cooling mist setelah berolahraga

Sebelum pergi berolahraga, pastikan untuk mengemas botol air dingin untuk diminum selama kelas untuk menjaga suhu inti Anda lebih rendah dan membawa produk perawatan kulit anti-inflamasi seperti cairan pendingin atau cooling mist, kata Shuting Hu, ahli kimia kosmetik dan pendiri Acaderma.

Menyemprotkan wajah Anda dengan cooling mist sebelum dan setelah berolahraga akan mengurangi kemerahan dan bekerja untuk mengembalikan kulit ke keadaan seimbang setelah aktivitas fisik.

3. Pakai waslap dingin dan pelembap gel

Anda juga dapat mengoleskan waslap dingin dan lembap ke wajah setelah berolahraga untuk mengurangi rasa sesak di sekitar kulit. Lanjutkan dengan pelembap gel yang akan membantu mendinginkan kulit Anda dan meredakan peradangan.

Jika kemerahan pada wajah Anda benar-benar tidak berkurang, Anda juga dapat menambahkan setetes krim hidrokortison untuk mengobati peradangan. Berhati-hati dengan seberapa banyak Anda menerapkan karena ini adalah steroid topikal, dan jangan menggunakannya untuk waktu yang lama tanpa menghubungi dokter Anda.

REAL SIMPLE

Baca juga: Tips Kurangi Risiko Cedera Lutut saat Olahraga

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."