5 Superfood untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kayumanis. shutterstock.com

Ilustrasi kayumanis. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beragam cara untuk menurunkan kadar gula darah tinggi, salah satunya mengonsumsi makanan super atau superfood seperti yoghurt dan biji-bijian. Kandungan nutrisi seperti antioksidan, serat larut, dan probiotik di dalamnya mampu menurunkan kadar gula darah yang melonjak.

Perlu diingat, kadar gula darah tinggi dapat menjadi indikator awal diabetes dan dapat menyebabkan berbagai penyakit dalam tubuh, jika tidak ditangani dengan benar. Produksi insulin yang buruk berakibat pada peningkatan kadar gula darah, dan kenaikan gula darah yang konstan dapat merusak saraf dan sel sekaligus merusak organ tubuh lainnya.

Berikut lima superfood untuk menurunkan kadar gula darah tinggi:

1. Kayu Manis

Kayu manis membantu dalam meningkatkan pengangkutan glukosa ke dalam sel sekaligus menjaga kadar insulin. Dengan begitu, kadar gula darah dapat dikontrol dan memerangi diabetes. Bahkan mengurangi indeks massa tubuh (BMI) pada orang yang menderita diabetes. Kaya nutrisi, kayu manis juga tambahan yang bermanfaat untuk diet karena dapat mengatur kadar lipid dan membantu mengelola berat badan.

2. Okra

Okra alias bhindi kaya flavonoid, antioksidan yang membantu meningkatkan kesehatan jantung sekaligus menurunkan kadar gula darah tinggi. Senyawa yang dikenal sebagai polisakarida juga ditemukan dalam makanan super ini yang dapat menurunkan kadar gula darah tinggi.

3. Yoghurt

Makanan atau minuman fermentasi seperti yoghurt mengandung probiotik yang dapat bekerja dengan sangat baik pada kadar gula darah tinggi sekaligus meningkatkan kesehatan usus, pencernaan, serta berkontribusi pada kesehatan jantung. Tambahkan ke makanan Anda, konsumsi sebagai camilan atau campur dalam smoothie Anda untuk hasil yang efektif.

4. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh mengandung banyak nutrisi yang merupakan berkah bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Biji-bijian utuh memiliki jumlah serat larut yang membantu menyeimbangkan kadar gula darah, membuat Anda kenyang lebih lama, dan menurunkan berat badan.

Biji-bijian utuh termasuk gandum, quinoa, dan gandum utuh dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam menu makanan Anda. Konsumsilah setiap hari untuk mendapatkan hasil yang signifikan.

5. Sayuran Berdaun Hijau

Tahukah Anda, kandungan kalium rendah juga berkontribusi pada kadar gula darah tinggi dan selanjutnya meningkatkan risiko diabetes dan komplikasinya. Sayuran berdaun hijau dipenuhi dengan banyak nutrisi sehat termasuk serat dan kalium yang dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil.

PINK VILLA

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Gula Darah Tinggi, Sering Kencing dan Selalu Merasa Haus

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."