Koleksi Ulos Wadirut Bank Mandiri Alexandra Askandar, Dominan Bernuansa Gelap

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Wakil Direktur Utama Bank Mandiri, Alexandra Askandar ditemui usai peragaan busana Tobatenun: Parompuan & Ulos di La Moda, Plaza Indonesia, pada Rabu, 19 Oktober 2022. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri, Alexandra Askandar ditemui usai peragaan busana Tobatenun: Parompuan & Ulos di La Moda, Plaza Indonesia, pada Rabu, 19 Oktober 2022. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Wakil Direktur Utama atau Wadirut Bank Mandiri Alexandra Askandar kerap tampil dalam balutan busana wastra Nusantara, termasuk Ulos. Ia mengaku sudah mengenal kain tenun kebanggaan masyarakat Batak itu sejak kecil.

"Ibu saya asli Tapanuli. Jadi, saya sudah mengenal Ulos sedari kecil," katanya ditemui usai peragaan busana Tobatenun: Parompuan & Ulos di La Moda, Plaza Indonesia, pada Rabu, 19 Oktober 2022.

Dalam kesehariannya saat itu, ia melihat ibunda dan anggota keluarga lainnya mengenakan kain ulos di berbagai kesempatan. Seiring berjalan waktu, ia pun terpikat dengan Ulos.

Alexandra mengaku ada beberapa kain Ulos yang diwariskan dari ibunda tercinta. Ia pun kerap membeli kain Ulos untuk menambah ragam koleksinya, yang saat ini dominan bernuansa gelap.

"Saat ini, sebagian besar Ulos saya yang bernuansa gelap-gelap seperti hitam atau merah. Mungkin ke depannya, saya akan menambah koleksi Ulos warna-warna pastel seperti yang kita lihat di peragaan busana tadi," tuturnya dengan senyum ramah khasnya. 

Ia juga mengungkapkan kerap memakai kain ulos saat menghadiri acara pernikahan dan pertemuan resmi selain acara adat Sumatra Utara. 

Bicara soal pandangannya terkait ulos memperingati Hari Ulos Nasional setiap 17 Oktober, Alexandra berharap Ulos lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia. Tak hanya menjadi primadona di tanah Batak dan Pulau Sumatera, tapi juga dikenal hingga ke pelosok negeri. 

"Kita inginnya Ulos lebih populer, lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia. Belum semua (mengenal Ulos). Sudah menjadi tugas kita bersama berupaya dan mendukung agar Ulos semakin luas digunakan masyarakat Indonesia," ujar perempuan yang gemar olahraga sepeda dan golf ini.

"Di Bank Mandiri, mungkin belum jadi kewajiban (memakai busana motif Ulos), tapi kami mengimbau teman-teman tidak hanya pakai batik, tapi juga busana dari Wastra Nusantara lain, termasuk Ulos," ajaknya.

Menurut Alexandra, dengan ulos semakin dikenal, maka semakin banyak permintaan yang berdampak positif pada pelestarian Ulos beserta para perajinnya.

"Tentunya hal itu akan mendukung para perajin supaya mereka lebih berkembang dan karyanya semakin banyak. Pastinya nanti kemandirian ekonomi yang jadi tujuan akhirnya," imbuhnya.

"Salah satu tugas Bank Mandiri sebagai agent of deveploment (agen pembangunan), termasuk kami mendukung pertumbuhan dan pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). (Contohnya) Di dalam UMKM Wastra Nusantara, ada para perajin. Melalui dukungan kepada UMKM-nya, secara langsung maupun tidak langsung, kami mendukung para perajin wastra," tandas Alexandra Askandar.

Baca juga: Intip Gaya Sporty Alexandra Askandar, Wadirut Bank Mandiri, saat Main Golf

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."