7 Cara Alami Menghilangkan Ketombe

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi ketombe. shutterstock.com

Ilustrasi ketombe. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaKetombe membuat setiap orang tidak nyaman. Kamu mungkin akan merasakan gatal yang sangat hebat ketika mengalami masalah rambut itu. Muncul serpihan kulit kepala berwarna putih yang bisa mengelupas dan menjadi serpihan. Dampak adanya ketombe, selain rasa tidak nyaman, adalah menurunnya rasa percaya diri. Tidak jarang serpihan tersebut akan menempel pada baju. 

Banyak produk shampo di supermarket mengklaim sebagai produk shampo anti ketombe yang ampuh untuk mengusir ketombe. Namun nyatanya tidak jarang ketombe masih tetap membandel di kulit kepala kamu. 

Berikut cara alami menghilangkan ketombe yang wajib dicoba.

1. Jeruk Nipis

Cara alami menghilangkan ketombe pertama yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Caranya, pertama campurkan jeruk nipis dengan beberapa pilihan bahan alami lain seperti cuka apel, minyak kelapa, minyak zaitun atau garam dengan perbandingan 1:2. 

Disarankan untuk memilih bahan di atas salah satunya saja. Misalnya, kamu memakai 1 sendok makan perasan jeruk nipis dan 2 sendok makan minyak kelapa lalu oleskan ke permukaan kulit kepala. Setelah dioleskan diamkan selama kurang lebih 1,5 jam lalu bilas sampai bersih.

2. Minyak Sereh

Obat ketombe alami juga bisa menggunakan minyak sereh karena memiliki kandungan zat antimikroba dan anti radang yang terdapat di dalamnya. Cara memakai ke rambut adalah pertama, campurkan 2 sampai 3 tetes minyak sereh pada shampo lalu usapkan pada kulit kepala dan pijat secara perlahan. Diamkan beberapa menit lalu bilas. Disarankan untuk melakukan ini sebanyak 2 kali sepekan.

3. Bawang Putih

Cara menghilangkan ketombe di kepala selanjutnya dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih memiliki sifat antimikroba sangat pas untuk menghilangkan jamur penyebab ketombe. 

Cara penggunaannya yaitu pertama hancurkan bawang putih lalu gosok pada kulit kepala, alternatif lain kalian bisa juga mencampurkan bawang putih yang sudah dihancurkan dengan madu. Setelah dipakai di kulit kepala lalu pijat pelan dan biarkan beberapa saat, jika sudah lalu bisa dibilas sampai bersih.

4. Lidah Buaya

Cara menghilangkan ketombe kering juga bisa menggunakan salah satu tanaman yang dapat kalian temui di sekitar rumah, yaitu lidah buaya. Dilansir dari halodoc, lidah buaya  mengandung zat antiseptik yang bisa membunuh jamur dan zat anti radang serta dapat meredakan rasa gatal di kulit kepala.

Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan lidah buaya untuk mengusir ketombe. Cara menggunakannya yaitu pertama, ambil gel yang ada dalam bagian lidah buaya  lalu oleskan gel tersebut  kulit kepala  sambil dipijat perlahan. Tunggu sekitar 30-45 menit, lalu bilas hingga bersih.

5. Cuka Apel

Selanjutnya adalah mengusir ketombe dengan cuka apel. Caranya adalah dengan mencampur cuka apel dengan air lalu basuh ke kulit kepala sampai merata. Diamkan kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan menggunakan air hangat. 

Jika kamu mempunyai lemon di rumah, kamu bisa menggunakannya dengan cuka apel untuk membersihkan ketombe. Cara memakainya pun sama hanya dengan tambahan dua sampai tiga perasan lemon dan campur merata dengan cuka apel.

6. Minyak Zaitun

Memakai minyak zaitun di kulit kepala dapat melembabkan area kulit kepala yang kering, Itulah sebabnya minyak zaitun juga mampu untuk mengatasi ketombe. Caranya pun mudah, kalian hanya perlu mengoleskan minyak zaitun secara merata ke kulit kepala lalu diamkan semalaman lalu keesokan harinya.

Setelah itu bilas dengan shampo dan juga air sampai bersih apabila kondisi ketombe anda sudah sangat parah. Apabila kondisinya tidak terlalu parah, bisa dengan cara mengoleskan minyak zaitun ke kulit kepala lalu tunggu sampai satu jam, lalu sisir bagian kulit kepala yang diolesi minyak zaitun untuk menghilangkan ketombe.

7. Tea Tree Oil

Tea tree oil efektif melawan jamur yang dapat menyebabkan dermatitis seboroik dan ketombe. Namun, karena termasuk dalam minyak alami, tea tree oil juga bisa menyebabkan iritasi pada mereka yang memiliki kulit sensitif oleh karena itu cara menggunakannya adalah dengan mencampur tea tree oil dengan air bersih lalu jadikan sebagai air bilasan setelah berkeramas.

Cara alami menghilangkan ketombe diatas bisa kalian coba sesuai dengan kondisi ketombe yang anda alami dan juga ketersediaan bahan alami yang kalian punya di rumah. Namun ada baiknya jika kondisi ketombe semakin parah konsultasikan ke dokter.

Baca: Tidur dengan Rambut Basah Bisa Sebabkan Ketombe dan Sakit Kepala

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

LINTANG OLIVIA RUDIANTO | BERBAGAI SUMBER

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."