5 Cara Mudah Atasi Masakan Keasinan, Bisa Tambah Air, Kentang atau Gula

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi menaburkan garam. shutterstock.com

Ilustrasi menaburkan garam. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Garam salah satu bumbu dapur yang ada di setiap rumah. Penambahan garam dalam masakan membantu mengeluarkan rasa alami dalam makanan. Tapi lain ceritanya, jika Anda menambahkan terlalu banyak garam, hasilnya pasti masakan keasinan. Jika alami hal tersebut, tak perlu panik.  Ada sejumlah kiat mudah untuk menyelamatkan masakan Anda secara singkat.

Lima Cara Mengatasi Masakan Keasinan Menurut Koki Profesional

1. Tambahkan Lemak Ekstra

Ada beberapa cara menghilangkan kelebihan garam untuk masakan Anda. Koki selebriti dan ahli gizi holistik Shauna Faulisi mengatakan salah satu cara terbaik adalah menambahkan lemak ke dalam masakan.

"Santan kalengan penuh lemak adalah makanan pokok di dapur saya karena rasanya yang luar biasa," Faulisi menjelaskan. "Saya juga menyukainya karena tidak terlalu berat rasa kelapanya, dan ketika dikombinasikan dengan garam itu benar-benar menyeimbangkan semuanya." 

2. Tambahkan Air ke Sup, Sayuran Hijau ke Salad, dan Asam ke Sayuran Panggang

Jika sup yang keasinan, Jenny Dorsey, pembawa acara Alt-Baking Bootcamp menyarankan menambah lebih banyak air. Salad keasinan dapat diatasi dengan menambahkan lebih banyak sayuran hijau.

Bila sayuran panggang yang keasinan, Anda bisa menambahkan komponen asam seperti cuka atau jus lemon. Sebab keduanya saling berlawanan di lidah dan dapat mengatasi rasa asin berlebihan. Tapi tentu saja, Anda harus berhati-hati agar tidak terlalu asam.

3. Tambahkan Gula Tambahan

Sebenarnya menyelamatkan makanan panggang seperti kue kering sedikit lebih sulit mencegah keasinannya. Sebab Anda tidak bisa menguji adonan yang mengandung telur mentah atau tepung di dalamnya, Anda mungkin tidak akan menyadarinya terlalu asin sampai benar-benar matang.

Jika terlalu asin, Dorsey menyarankan untuk menambahkan pugasan (topping) atau lapisan (frosting), terutama jika mengandung komponen asam seperti krim keju.

4. Tambahkan Kentang

Koki profesional dan pelatih kesehatan holistik, Carla Contreras menyarankan untuk menambahkan kentang jika masakan Anda keasinan.

"Saran kuno adalah memasukkan kentang ke dalam apa pun yang Anda masak untuk menyerap garam berlebihan," kata Contreras.

Jika tidak menyimpan kentang di rumah, Anda dapat menggunakan makanan bertepung lainnya seperti ubi jalar mentah, quinoa, farro, sorgum, atau soba.

5. Tambahkan Rasa Asam atau Pedas

Sebagai alternatif, Anda juga dapat menambahkan asam seperti cuka balsamik, apel, sherry,  jus lemon atau jeruk nipis segar. Atau, seperti yang juga disarankan Dorsey, Anda bisa menambahkan lebih banyak sayuran, yang menurut Conreras tidak hanya membantu dalam salad, tetapi juga dalam sup dan semur.

Sentuhan bumbu pedas juga termasuk cara mengatasi masakan keasinan. Jika Anda menyukai sesuatu yang pedas, tambahkan serpihan paprika merah, saus pedas, atau paprika segar seperti jalapeos.

Dalam skenario tertentu, Anda mungkin juga dapat mengencerkan hidangan, tidak hanya dengan air, tetapi juga dengan tomat kalengan (tanpa garam), sedikit anggur, atau susu alternatif favorit Anda. Untuk hasil terbaik, kata Contreras, coba gandakan kuantitasnya untuk menyelamatkan hidangan yang terlalu asin.

Cara Mendapatkan Rasa Asin yang Pas saat Memasak

Untuk mendapatkan rasa asin yang pas, Faulisi menyarankan selalu mencicipi setiap kali menambahkan garam ke dalam masakan.

"Coba (masukkan) satu sendok teh (garam), aduk, cicipi, tambahkan yang lain, aduk, cicipi, dan teruskan sampai hidangan jadi," kata Faulisi.

Jika tetap keasinan, Contreras merekomendasikan untuk menggandakan resep dan jangan tambahkan garam untuk meratakan rasa keseluruhan dari hidangan yang sudah jadi.

Metode lain yang disetujui oleh para koki adalah dengan menambahkan garam dalam 1/4 sendok teh setelah setiap bahan utama. Jadi jika Anda membuat hidangan seperti tumis dengan banyak sayuran, tambahkan bawang bombay, lalu 1/4 garam, brokoli berikutnya dengan 1/4 sendok teh garam, dan garam lagi setelah menambahkan protein Anda, dan selalu cicipi sesuai selera Anda.

WELL+GOOD

Baca juga: 5 Kesalahan Umum saat Memasak, Menurut Koki Profesional

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."