Alasan Penting Mencuci Sayur dan Buah Segar sebelum Dikonsumsi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita makan buah dan sayur. shutterstock.com

Ilustrasi wanita makan buah dan sayur. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Para pakar kesehatan selalu mengingatkan untuk mencuci sayur dan buah segar sebelum dikonsumsi. Hal itu guna mencegah kontaminasi yang bisa memicu penyakit.

"Secara umum, disarankan agar semua produk segar yang akan dikonsumsi mentah atau segar dicuci dengan air minum sebelum dikonsumsi," jelas Francisco Diez-Gonzalez, profesor dan direktur di Pusat Keamanan Pangan di University of Georgia, Amerika Serikat, seperti dikutip dari Well+Good, Selasa, 18 Oktober 2022. 

"Sebab makanan yang dikonsumsi mentah memiliki risiko kontaminasi yang lebih tinggi dan menyebabkan penyakit bawaan makanan," tambahnya. 

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat atau CDC memperkirakan bahwa sekitar satu dari enam orang Amerika (atau 48 juta orang) jatuh sakit karena penyakit bawaan makanan setiap tahun.

“Kontaminasi produk segar dapat terjadi di setiap langkah rantai pasokan. Bisa terkontaminasi di lapangan, saat panen, atau selama penanganan oleh pekerja makanan,” jelas Dr. Diez-Gonzalez.

Selain itu, produk juga bisa terkontaminasi di rumah. “Di rumah, kontaminasi silang dari makanan mentah lainnya, seperti daging atau unggas mentah atau dimasak, dapat menjadi sumber bakteri patogen lainnya,” tambahnya.

Baca juga: Tak Hanya Bikin Sehat, Makan Sayur dan Buah Juga Bikin Kamu Semakin Bahagia

Meski mencuci sayur dan buah tidak dapat menjamin total tidak adanya kontaminasi, tetapi hal ini sangat membantu. “Mencuci memang tidak dapat menghilangkan semua patogen, tapi hingga saat ini pun belum ada teknologi yang mampu membunuh semua mikroorganisme sekaligus menjaga kesegarannya,” kata Dr. Diez-Gonzalez.

Cara Mencuci Sayur dan Buah yang Tepat

Menurut penelitian, mencuci sayur dan buah dengan teknik yang tepat dapat membantu menghilangkan sekitar 90 persen dari total bakteri. Ada beberapa cara untuk mencuci produk. Menurut Pedoman Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat atau FDA, langkah pertama adalah memastikan tempat untuk mencuci dalam kondisi bersih, kata Dr. Diez-Gonzalez. Berikut tujuh cara mencuci sayur dan buah yang tepat menurut FDA

1. Cuci tangan Anda selama 20 detik dengan air hangat dan sabun sebelum dan sesudah menyiapkan buah atau sayur.

2. Jika ada bagian yang busuk, potong bagian tersebut sebelum menyiapkan atau makan.

3. Bilas produk sebelum Anda mengupasnya, agar kotoran dan bakteri tidak berpindah dari pisau ke buah atau sayuran.

4. Gosok produk dengan lembut sambil menahannya di bawah air mengalir biasa. Tidak perlu menggunakan sabun atau produk pencuci piring.

5. Gunakan sikat sayuran bersih untuk menggosok produk yang keras, seperti melon dan mentimun.

6. Keringkan produk dengan kain bersih atau handuk kertas untuk lebih mengurangi bakteri yang mungkin ada.

7. Buang daun terluar dari kepala selada atau kubis.

Dr. Diez-Gonzalez juga menyarankan menggunakan mangkuk untuk merendam produk selama beberapa menit, dan merekomendasikan mengganti air satu atau dua kali. "Tetapi jika Anda akan memasak produk, tidak perlu mencucinya kecuali jika terlihat kotor," katanya.

Penting untuk dicatat bahwa menggunakan sabun atau deterjen saat mencuci sayur dan buah tidak hanya tidak perlu, tetapi juga tidak dianjurkan, tambah Dr. Diez-Gonzalez. “Penggunaan sabun, deterjen, atau desinfektan tidak disarankan karena manfaatnya tidak signifikan, dan dapat menimbulkan risiko bagi konsumen,” imbaunya.

WELL+GOOD

Baca juga: Dokter Bagi Kiat Menyimpan Sayur dan Buah selama Pandemi Corona

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."