MacKenzie Scott jadi Penyumbang Terbesar di Organisasi Kaum Putri Girl Scouts of the USA

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
MacKenzie Scott merupakan filantropis, penulis, dan mantan istri pendiri Amazon Jeff Bezos. Ia berada di posisi pertama dalam daftar 100 wanita paling berpengaruh versi Forbes 2021. REUTERS/Danny Moloshok

MacKenzie Scott merupakan filantropis, penulis, dan mantan istri pendiri Amazon Jeff Bezos. Ia berada di posisi pertama dalam daftar 100 wanita paling berpengaruh versi Forbes 2021. REUTERS/Danny Moloshok

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Filantropis, MacKenzie Scott memberikan sumbangan besar-besaran untuk Girl Scouts of the USA atau GSUSA dan 29 cabang lokalnya. GSUSA adalah organisasi yang beranggotakan kaum putri, baik dari Amerika Serikat maupun dari luar negara tersebut.

Pada hari Selasa, 18 Oktober 2022, GSUSA mengumumkan bahwa Scott telah memberikan USD84,5 juta atau sekitar Rp1.306.800.537.900. Donasi tersebut menjadi sumbangan terbesar dari satu individu dalam sejarah organisasi hingga saat ini. 

"Kami sangat menghargai," kata CEO GSUSA, Sofia Chang dalam sebuah pernyataan yang diperoleh People. "Ini adalah akselerator hebat untuk upaya berkelanjutan kami untuk membantu anak perempuan mengembangkan keterampilan dan koneksi untuk memimpin di komunitas mereka sendiri dan secara global."

"Dukungan dari semua donor kami, termasuk dukungan murah hati dari MacKenzie ini, sangat penting dalam mewujudkan karya reimaginasi dan transformasi kami," tambah Chang.

"Kami bersemangat untuk membuktikan bagaimana investasi MacKenzie pada anak perempuan akan mengubah dunia — karena ketika satu gadis berhasil, kita semua berhasil."

Salah satu cabang lokal yang dipilih oleh Scott adalah Girl Scouts of San Jacinto Council. Cabang yang berbasis di Texas itu menerima sumbangan USD4,2 juta atau sekitar Rp65 miliar. Sumbangan tersebut akan digunakan mendanai program-program baru dan juga upaya berkelanjutan mereka untuk pulih dari pandemi.

"Kami benar-benar rendah hati dan berterima kasih atas hadiah yang murah hati ini dan atas kepercayaan MacKenzie Scott dalam misi kami," kata CEO GSSJC Mary Vitek dalam sebuah pernyataan.

“Hadiah ini tidak hanya menekankan pentingnya mendukung generasi pemimpin perempuan berikutnya, tetapi juga mengakui kerja sukarelawan kami dan dukungan dari donor dan komunitas lokal kami. Ini memastikan kami dapat memajukan upaya kami untuk memberikan pengalaman yang berarti dan adil bagi anak perempuan."

Berbicara dengan Associated Press, Chang mengatakan bahwa organisasi ini benar-benar kacau selama pandemi, tetapi mereka bekerja untuk membangun kembali lebih kuat dari yang pernah kita miliki sebelumnya.

"Dukungannya terhadap organisasi kami sangat berarti sama seperti donasinya," tambah Chang tentang Scott.

Kabar donasi ini muncul beberapa minggu setelah wanita berusia 52 tahun itu mengajukan gugatan cerai dari suaminya, guru sekolah Seattle, Dan Jewett.

Scott, yang sebelumnya menikah dengan pendiri Amazon Jeff Bezos, mengajukan gugat cerai dari Jewett di Pengadilan Tinggi King County di Negara Bagian Washington bulan lalu, menurut New York Times. Perpisahan itu terjadi lebih dari setahun setelah Scott dan Jewett menikah.

Meski belum diresmikan, menurut New York Times, Jewett tidak menentang perceraian tersebut.

Kembali ke Scott, ia adalah salah satu wanita terkaya di dunia. Menurut indeks Bloomberg Billionare, pada Selasa, 18 Oktober 2022, Scott berada di peringkat No. 41 dengan kekayaan bersih USD27,6 miliar.

Sejak perceraiannya dari Bezos, Scott telah memberikan banyak sumbangan murah hati dan berjanji untuk memberikan sejumlah besar kekayaannya.

Pada bulan September, sebelum mengajukan gugatan cerai, dia menghadiahkan tanah miliknya di Beverly Hills, senilai USD55 juta, untuk mendukung Yayasan Komunitas California nirlaba dan program hibah perumahan dan integrasi imigran yang terjangkau. Awal tahun ini, Scott juga menyumbangkan USD436 juta untuk Habitat for Humanity.

Sebelumnya, MacKenzie Scott menyumbangkan USD2,7 miliar kepada 286 organisasi yang kekurangan dana yang berjuang melawan ketidaksetaraan kekayaan. Dan pada Desember 2020, Scott dan tim penasihat mendonasikan USD4,2 miliar kepada organisasi di seluruh negeri yang membantu bantuan selama pandemi COVID-19.

PEOPLE

Baca juga: MacKenzie Scott Jadi Wanita Paling Berpengaruh 2021 Versi Forbes

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."