Asri Welas Ajak Vaksinasi Rubella Demi Cegah Katarak Kongenital Anak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Asri Welas. Foto: Visinema Pictures.

Asri Welas. Foto: Visinema Pictures.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Asri Welas mengingatkan soal pentingnya para ibu untuk melakukan vaksinasi rubella dan pemeriksaan rutin sebelum memutuskan untuk hamil. Hal ini, kata Asri, diharapkan mampu meminimalisir penyakit hingga kecacatan, seperti katarak kongenital dan sindrom rubella.

“Anak-anak yang lahir dengan katarak itu biasanya ada masalah di kehamilan. Maka dari itu, sebaiknya saat menikah sebelumnya vaksin rubella, jadi, ketika saat hamil tidak memiliki kecenderungan punya bayi dengan katarak (kongenital),” kata Asri dalam acara bertajuk "Peluncuran CSR Optik Tunggal - Donasi 2025 Kacamata Katarak Konginental" pada Kamis 13 Oktober 2022 di Jakarta. 

Asri Welas sambil sedikit terisak menceritakan soal kondisi putranya yang mengalami katarak kongenital. Karena penyakit itu, sang anak harus saat ini menggunakan kacamata dengan ukuran lensa plus 18. 

Ibran, putra Asri Welas, terlihat aktif melakukan kegiatan ketika bersama Asri Welas di acara tersebut. Namun Ibran mengenakan kacamata yang terlihat sangat tebal. 

Asri bercerita bahwa ia mengetahui masalah mata yang dialami putranya itu ketika si anak berusia 3 bulan. Ketika itu ia sedang berlibur di Jepang. Anak sulungnya menepok tangan di depan Ibran, dan Ibran tidak memberikan reaksi apapun. "Yang tadinya sedang liburan, saat itu saya ingin sekali segera pulang dan memberikan pengobatan kepada Ibran," katanya. 

Ia mengatakan mencoba mencari tahu banyak hal soal penyakit katarak kongenital, namun kala itu, tidak terlalu banyak yang bisa dia dapat. 

Virus rubella, yang menjadi salah satu faktor seseorang terkena kasus katarak kongenital, sebenarnya bisa dicek sejak anak berada di dalam kandungan. Virus itu bahkan bisa mengenai banyak organ tubuh dan bisa mengakibatkan kecacatan. 

Asri Welas, atau aktris di serial “Yang Hilang Dalam Cinta” (2022) itu juga mengatakan, katarak kongenital dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak menjadi cukup terlambat. Misalnya terlambat berbicara, kurang fokus, dan lainnya.

Setelah melakukan operasi, Asri Welas banyak mencari referensi dan konsultasi dengan dokter tentang langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya. Pemberian kacamata khusus anak dengan katarak kongenital pun ia lakukan hingga sekarang. “Kacamata diperlukan untuk perkembangan motorik dia. Setelah itu dia baru bisa berguling, dan melihat dunia. Itu dilakukan selesai operasi, harapannya agar panca inderanya bisa berkembang dengan baik,” ujar dia.

“Jadi dengan adanya kacamata ini, semua perkembangan motorik kasar anak-anak dengan katarak kongenital ini bisa terbantu, sehingga bisa membantu proses belajarnya,” imbuhnya.

Asri berbagi bahwa Ibran yang kini telah berusia 5 tahun tumbuh dan berkembang dengan baik dan penuh semangat di tengah keterbatasannya. “Ibran memang telat untuk bicara. Tapi, sekarang perkembangannya luar biasa,” kata Asi Welas.

Baca: Asri Welas Lebih Hati-hati dan Rajin Periksa di Hamil Anak Ketiga

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."