Cara Mengurangi Sampah Makanan, Pesan atau Masak Makanan sesuai Kebutuhan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi membuang makanan sisa ke dalam tempat sampah. Freepik.com

Ilustrasi membuang makanan sisa ke dalam tempat sampah. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Merawat kelestarian lingkungan menjadi tugas kita bersama. Salah satu langkahnya melalui mengurangi sampah makanan. Bagaimana cara mengurangi sampah makanan? Di sini pentingnya kita memahami konsep keberlanjutan pangan.

Dalam rangka menyambut Hari Pangan Sedunia setiap tanggal 16 Oktober, Organisasi Pangan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih peduli pada sampah makanan dengan cara makan sesuai kebutuhan.

"Jangan sampai menyisakan makanan, jadi kalau pesan makan secukupnya, kalau masak sesuai porsinya, jangan sampai tersisa makanannya," ujar Dewi dalam jumpa pers "Eathink Market Fest 2022" di Alam Sutera, Tangerang, Selasa, 11 Oktober 2022.

Food Security & Nutrition Officer - FAO Representative Dewi Fatmaningrum mengatakan timbunan sampah makanan banyak ditemukan pada restoran-restoran all you can eat atau bebas makan dan acara hajatan.

Menurut Dewi, seseorang memiliki kecenderungan untuk mengambil sebanyak-banyaknya tanpa memperhatikan kemampuan tubuh untuk mengolahnya saat mendapat kebebasan untuk makan.

"Kebanyakan orang ngambil makanan banyak-banyak, semua pengin diambil akhirnya dibuang. Kalau makan di tempat yang beri lalapan, kalau enggak suka bilang langsung daripada akhirnya dibuang," kata Dewi.

Cara lain untuk mengurangi sampah makanan adalah dengan melakukan kompos dan memanfaatkan sisa bahan makanan.

Sementara itu, untuk meningkatkan kesadaran generasi milenial terhadap tanggung jawab dalam konsumsi makanan, digelar sebuah acara bertajuk Eathink Market Fest 2022. Festival ini akan diadakan di Open Door – Flavor Bliss, Alam Sutera pada 15-16 Oktober 2022. Acara tersebut berisi workshop, talkshow mengenai sustainable & healthy living, demo masak oleh alumni MasterChef Indonesia, live music oleh RAN dan sustainable bazaar oleh 50 tenant yang menawarkan bahan makanan ramah lingkungan dan ramah di kantong.

Jangan lupa terapkan cara mengurangi sampah makanan dalam rutinitas Sahabat Cantika.

Baca juga: Tips Mulai Gaya Hidup Minim Sampah

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."