Cara Membuat Jus Seledri dengan Juicer atau Blender

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi jus seledri. Foto: Pixabay.com/Miller_Eszter

Ilustrasi jus seledri. Foto: Pixabay.com/Miller_Eszter

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Minum jus seledri adalah satu tren kesehatan yang populer belakangan ini. Maka dari itu, banyak di antara kita menghimpun cara membuat jus seledri yang segar sekaligus praktis. Tapi sebelum sampai ke sana, kita telusuri sejenak mengapa jus seledri kian mendapat sorotan sebagai minuman super dari waktu ke waktu.

Jus seledri segar adalah salah satu pilihan minuman bergizi yang dapat Anda minum di pagi hari atau kapan saja sepanjang hari. Seledri secara alami sarat dengan natrium alami dan antioksidan. Seledri dan biji seledri, juga dikenal sebagai apium graveolens, telah digunakan secara tradisional dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad untuk membantu berbagai kondisi.

Berdasarkan beberapa bukti ilmiah, mengonsumsi seledri juga bisa mengatasi kolesterol tinggi, penyakit parkinson, infertilitas, dan kanker.

Jadi, meskipun tidak banyak penelitian khusus tentang minum jus seledri, ilmu pengetahuan tampaknya setuju bahwa seledri adalah makanan sehat untuk dimakan. Seledri merupakan sumber vitamin C dan vitamin K, ditambah antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Baik seledri dan daun seledri memiliki sifat anti-inflamasi.

Jus seledri dapat membantu pencernaan, kembung, dan detoksifikasi, tetapi itu tergantung pada kebiasaan atau kondisi kesehatan usus Anda saat meminumnya.

Untuk membuat jus seledri, Anda membutuhkan satu ikat seledri. Disarankan seledri organik, sebab seledri biasa kerap disemprot pestisida. Tambahkan perasan jeruk nipis atau lemon segar untuk menyeimbangkan rasa. Dan, jika Anda membuat jus seledri dengan blender, Anda harus menyaringnya melalui kantong susu kacang.

Ilustrasi jus seledri dan sayuran (pixabay.com)

Cara Membuat Seledri dengan Juicer dan Blender Berkecepatan Tinggi:

1. Juicer

- Ambil dua ikat seledri. Potong bagian pangkal dan bagian atas batangnya.

- Cuci batang dengan lembut di saringan.

- Masukkan seledri melalui tabung pengisi juicer

- Sajikan jus segera atau simpan sisa jus di dalam wadah tertutup rapat di lemari es.

2. Blender Berkecepatan Tinggi

- Ambil dua ikat seledri. Potong bagian pangkal dan bagian atas batangnya.

- Cuci batang dengan lembut di saringan.

- Potong batang seledri menjadi tiga bagian dan letakkan di dasar blender berkecepatan tinggi.

- Tambahkan 1/2 gelas air dan tutup. Blender sampai halus, gunakan tamper untuk mendorong seledri ke dalam bilah jika perlu.

- Tempatkan kantong susu kacang bersih di atas mulut teko dan tuangkan campuran seledri melalui kantong susu kacang. Gunakan tangan Anda untuk memeras jus seledri melalui kantong.

Bisakah membuat jus seledri dengan blender biasa?

Sejumlah orang menanyakan hal tersebut, dan jawabannya bisa, asalkan memperhatikan sejumlah kiat berikut. Pastikan Anda memotong seledri menjadi potongan 1 inci atau sekitar 2,6 cm dan menambahkan setidaknya 1/2 cangkir air. Lalu, blender setidaknya satu menit sebelum menyaring jus seledri. 

Seperti apa rasanya jus seledri?

Sesuai namanya, tentu rasanya seperti seledri. Beraroma segar disertai rasa lembut dan khas. Jika Anda tidak menyukai rasa seledri dan ingin mencobanya, bisa tambahkan perasan jeruk nipis atau lemon, dan potongan apel hijau untuk menambah rasa manis.

Perlu diingat juga, jus seledri sebaiknya dikonsumsi tidak lebih dari 48 jam alias dua hari. Jika Anda membuat stok jus, wajib disimpan dalam wadah tertutup rapat di lemari es. Semoga tulisan ini membantu bagi Sahabat Cantika yang mencari cara membuat jus seledri. Selamat mencoba!

CLEAN EATING KITCHEN

Baca juga: 10 Manfaat Jus Seledri untuk Kesehatan Tubuh serta Efek Sampingnya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."