8 Makanan yang Tak Boleh Dihaluskan dengan Blender

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi belnder. (The Kitchn/Joe Lingeman)

Ilustrasi belnder. (The Kitchn/Joe Lingeman)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kebanyakan orang berasumsi bisa memasukkan apa pun ke dalam blender, namun sebenarnya ada peralatan lain yang lebih cocok untuk makanan tertentu, seperti pengolah makanan, blender imersi, atau penggiling kopi. Untuk memastikan blender bertahan lama, berikut sejumlah makanan yang tak boleh dihaluskan dengan blender.

1. Cairan atau Makanan Panas

Memasukkan bahan-bahan yang sangat panas ke dalam blender tidak hanya dapat membakar tangan Anda, tetapi juga dapat merusak peralatan Anda. Blender imersi adalah alat yang bagus untuk dimiliki agar tidak perlu menggunakan blender sama sekali, namun jika Anda tidak memilikinya, cukup masukkan bahan-bahan panas ke dalam mangkuk sampai bahan-bahan tersebut dingin. Lalu haluskan!

2. Biji Kopi

Secara teknis Anda bisa menggunakan blender sebagai penggiling kopi, tapi itu bukan pilihan yang bijak. Sebab seiring berjalannya waktu, memblender biji kopi kasar akan menumpulkan bilah blender. Namun yang lebih penting, Anda tidak akan pernah mendapatkan biji kopi yang digiling secara merata karena bentuk blendernya.

3. Es Batu

Sama halnya dengan biji kopi, es juga tidak boleh dimasukkan ke dalam blender karena dapat merusak alat, menumpulkan bilahnya, dan es tidak dapat dihancurkan dengan baik. Tapi bagaimana dengan menambahkan es ke smoothie dan slushies? Itu pengecualian karena bahan lainnya akan membantu memecah es.

4. Buah Kering

Saat memasukkan buah ke dalam blender, segar atau beku selalu menjadi pilihan yang tepat. Menambahkan buah kering ke dalam saus atau bumbu perendam mungkin tampak seperti ide yang bagus, tetapi tidak jika saus tersebut disiapkan dalam blender. Tekstur buah kering yang kasar dan keras dipadukan dengan bagian dalam yang lengket merupakan resep bencana.

5. Kentang

Ini mungkin mengejutkan, tetapi memasukkan kentang ke dalam blender adalah hal yang tidak boleh dilakukan. Dalam beberapa menit setelah memblender kentang panggang, pati dan cairannya akan menghasilkan tekstur seperti bergetah. Jika Anda ingin membuat kentang tumbuk yang halus seperti sutra, selalu gunakan ricer atau masher; blender bukanlah cara yang tepat.

6. Kacang Utuh

Tahukah Anda bahwa kacang utuh dapat merusak blender dan tidak dapat diperbaiki lagi. Saat membuat susu nabati dari awal, kuncinya adalah merendam kacang dalam air untuk melunakkannya sebelum diblender. Jika Anda membutuhkan kacang-kacangan yang dihaluskan halus seperti almond atau kacang mete untuk salad atau makanan penutup, pilihan terbaik Anda adalah memotongnya secara kasar dengan pisau.

7. Tulang

Dianjurkan untuk tidak pernah memasukkan tulang ke dalam blender. Ini karena tulang berukuran besar dapat menumpulkan atau merusak bilah, bahkan wadah blender. Sementara tulang yang lebih kecil, seperti tulang ikan bisa menyebabkan blender macet. 

8. Makanan Beku

Mencampur makanan beku yang besar atau sangat keras bisa merusak wadah blender. Selain itu, Anda mungkin masih akan memperoleh potongan acak di smoothie, bahkan tidak tercampur rata.

Pilihan Editor: 5 Penyebab Blender Cepat Rusak, Termasuk Sisa Bahan yang Lengket

 

REAL SIMPLE | TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."