10 Manfaat Jus Seledri untuk Kesehatan Tubuh serta Efek Sampingnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi jus seledri dan sayuran (pixabay.com)

Ilustrasi jus seledri dan sayuran (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada banyak manfaat kesehatan potensial dari jus seledri. Jus seledri sarat dengan serat, vitamin, folat, antioksidan, dan potasium, dan memiliki nilai gizi yang tinggi. Bahkan, pengobatan tradisional telah menggunakan jus seledri untuk detoksifikasi tubuh.

Untuk melihat lebih jauh khasiat dari jus seledri, berikut sederet kebaikannya untuk kesehatan tubuh, nutrisi, dan efek samping yang mungkin ditimbulkan.

10 Manfaat Jus Seledri untuk Tubuh

1. Atasi Peradangan

Peradangan dalam tubuh dapat menyebabkan banyak masalah kronis seperti pencernaan yang buruk, nyeri sendi, masalah jantung, diabetes, dan sebagainya. Sangat penting untuk memasukkan makanan anti-inflamasi ke dalam makanan untuk melawan kondisi tersebut.

Fitokimia tertentu yang diekstrak dari seledri diketahui memiliki efek anti-inflamasi pada tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa fitokimia ini membantu meredakan peradangan dan juga memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Menyehatkan Jantung

Penyakit jantung sedang meningkat akhir-akhir ini, jadi penting untuk makan makanan yang seimbang untuk menjaga kesehatan jantung. Daun seledri sarat dengan flavonoid yang membantu melindungi jantung Anda dari penyakit.

3. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat terpenting dari jus seledri adalah dapat membantu seseorang tetap terlindungi dari berbagai jenis kanker.

Daun dan biji seledri mengandung senyawa seperti saponin, asam caffeic, tanin, dan asam besi, yang semuanya bertindak sebagai antioksidan kuat dan meminimalkan risiko kanker.

4. Mencegah Penyakit Hati

Dengan seledri, banyak penyakit hati seperti sirosis, penyakit hati berlemak non-alkohol dapat dicegah dan dikelola.

Daun dan batang seledri sarat dengan antioksidan yang melawan peradangan dalam tubuh, membuang racun dan radikal bebas, dan menjaga kesehatan tubuh.

Polifenol yang ada dalam daun dan batang seledri juga mempercepat aktivitas enzim antioksidan dalam tubuh, yang pada gilirannya membantu meminimalkan risiko kerusakan hati.

5. Menjaga Anda Tetap Terhidrasi

Salah satu manfaat utama jus seledri adalah membantu Anda tetap terhidrasi. Banyak orang tidak memiliki kebiasaan minum cukup air sepanjang hari, dan ini dapat menyebabkan banyak masalah seperti pusing, kelelahan, mulut kering, dan sebagainya.

Tetap terhidrasi membantu mengatur suhu tubuh, mengatur tingkat tekanan darah, dan mendukung kesehatan ginjal. Minum jus seledri setiap hari akan membuat Anda tetap terhidrasi.

6. Membantu Tidur Lebih Berkualitas

Menurut berbagai penelitian, pola makan nabati membantu mengatur tidur. Seledri mengandung polifenol makanan yang membantu dalam memodulasi siklus tidur-bangun. Jadi, tambahkan seledri ke dalam diet Anda untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

7. Meningkatkan Fungsi Otak

Salah satu manfaat jus seledri yang paling menakjubkan adalah meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan. Daun seledri mengandung apigenin yang memiliki efek anti-inflamasi, baik untuk menjaga kesehatan otak.

Jika Anda minum jus seledri di pagi hari, itu akan membuat Anda merasa segar dan merangsang otak Anda. Selain itu, jus seledri mengandung ion mineral dan antioksidan yang menjaga otak terlindungi dari stres patogen. Oleh karena itu, minum segelas jus seledri setiap hari dapat membantu Anda mencegah masalah seperti kehilangan ingatan, gangguan neurodegeneratif, dan lain-lain.

8. Menyehatkan Ginjal

Jus seledri mengandung potasium dan sodium, yang keduanya membantu mengatur cairan tubuh. Jus seledri bertindak sebagai diuretik yang membantu membersihkan tubuh dari air dan garam. Ini juga membantu dalam mencegah infeksi saluran kemih dan banyak masalah ginjal lainnya.

Jus seledri juga membantu dalam menahan air dalam tubuh dan menghilangkan kelebihan kalsium dari tubuh melalui urin. Hal itu berdampak baik bisa mencegah batu empedu, aterosklerosis, batu ginjal, dan sebagainya.

9. Dapat membantu mengatasi jerawat

Jus seledri kaya kandungan folat, vitamin A, dan vitamin C, yang semuanya membantu melawan infeksi dan peradangan. Selain itu, sifat antioksidannya membantu mengatasi jerawat.

10. Menyehatkan Kulit

Salah satu manfaat terbaik jus seledri untuk kulit adalah menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya. Apigenin, tanin, luteolin, kaempferol, dan saponin adalah antioksidan yang ada dalam jus seledri yang membantu melawan peradangan.

seledri (pixabay.com)

Nutrisi Jus Seledri

Satu cangkir jus seledri segar mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk kesehatan seperti berikut.

1. Kalori dalam jus seledri: 42,5 kalori

2. Karbohidrat: 9,5 gram

3. Kalsium: 8% dari nilai harian

4. Protein: 2 gram

5. Gula: 5 gram

6. Kalium: 14% dari nilai harian

7. Vitamin K: 74% dari nilai harian

8. Magnesium: 7% dari nilai harian

9. Vitamin C: 16% dari nilai harian

10. Fosfor: 5% dari nilai harian

11. Vitamin A: 7% dari nilai harian

12. Natrium: 9% dari nilai harian

Selain itu, jus seledri juga kaya akan seng, biotin, tembaga, antioksidan, dan folat.

Efek Samping Jus Seledri

Terlepas dari sederet khasiatnya, jus seledri bisa menimbulkan efek samping jika dikonsumsi berlebihan ataupun bagi orang dengan kondisi tersentu.

1. Ruam Kulit

Seledri mengandung psoralen, zat aktif yang dapat menyebabkan fotosensitifitas dan ruam kulit. Jadi, jika Anda konsumsi jus seledri secara berlebihan, Anda mungkin mengalami fotosensitifitas dan ruam.

2. Berisiko untuk Ginjal

Apa pun yang berlebihan dapat lebih berbahaya daripada kebaikan, dan hal yang sama terjadi pada jus seledri. Seledri, bayam, bit, selada sarat dengan oksalat diet yang dapat menghambat fungsi ginjal Anda. Inilah alasan mengapa minum jus seledri secara berlebihan dapat membahayakan ginjal Anda.

3. Mengganggu Sistem Kekebalan Tubuh

Ada klaim bahwa bubuk seledri siap pakai yang tersedia di pasaran tidak murni dan mengandung pengawet, dan kotoran kimia, sehingga a dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh. Jadi, jika Anda ingin minum jus seledri, sebaiknya dibuat segar di rumah.

4. Asupan Garam Berlebihan

Satu cangkir jus seledri segar mengandung 215 mg sodium, dan menurut berbagai ahli, orang dewasa yang sehat tidak boleh mengonsumsi lebih dari 2.300 mg sodium setiap hari. Jadi, jika Anda disarankan untuk membatasi asupan garam, sebaiknya batasi atau hindari asupan jus seledri.

Baca juga: 7 Mitos dan Fakta yang Perlu Kamu Ketahui tentang Jus Seledri

PINK VILLA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."