6 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan, Cegah Sembelit dan Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi apel. Unsplash.com/Aaron Blanco Tejedor

Ilustrasi apel. Unsplash.com/Aaron Blanco Tejedor

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Manfaat buah apel sudah kerap kita dengar bersama. Salah satu yang familiar adalah rutin mengonsumsi apel setiap hari bisa menjauhi dokter selama satu hari juga. Sebabnya apel kaya nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Untuk menyegarkan kembali ingatan kita bersama, berikut manfaat buah apel yang sayang untuk dilewatkan.

1. Menyehatkan Jantung

Apel kaya akan serat larut yang disebut pektin. Serat tersebut mengikat kolesterol dan kelebihan glukosa di saluran pencernaan. Sebuah apel besar (223 gram) memiliki sekitar 5 gram serat. Asupan quercetin yang lebih tinggi, flavonoid kuat yang ada dalam kulit apel, juga bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2.

2. Mendukung Pencernaan Sehat

Apel adalah buah berserat tinggi yang mendukung pencernaan dan membantu Anda kenyang lebih lama. Untuk mendapatkan serat paling banyak, makanlah apel Anda dengan kulitnya. Satu apel berukuran sedang dengan kulitnya memiliki sekitar 4,8 gram serat. Jika Anda mengupasnya, jumlah seratnya turun menjadi 2 gram.

Di luar kandungan seratnya yang sangat baik, apel juga kaya akan prebiotik, yang berdampak untuk bakteri usus baik dan mikrobioma usus.

3. Bantu Mengatur Glukosa Darah

Polifenol merupakan senyawa aktif yang terdapat pada makanan nabati yang memiliki aktivitas antioksidan. Polifenol yang ditemukan dalam apel dapat membantu memblokir enzim pencernaan yang dibutuhkan untuk memecah pati menjadi gula sederhana dan dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk memanfaatkan insulin secara lebih efektif. Maka dari itu, konsumsi apel bermanfaat menurunkan lonjakan gula darah setelah makan.

4. Memiliki Sifat Anti-Inflamasi

Sifat antioksidan polifenol yang ditemukan dalam apel juga membantu mencegah peradangan atau inflamasi kronis dan mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Cegah Sembelit

Manfaat buah apel yang lain adalah cegah sembelit. Sebab apel dan buah-buahan lain termasuk plum, pir, dan aprikot, mengandung gula alkohol sorbitol yang meningkatkan keteraturan buang air besar, bahkan dapat memiliki efek pencahar alami. Perlu diingat juga, jika sedang diare atau sakit perut, hindari buah-buahan tersebut. 

6. Menyehatkan Paru-paru

Beberapa temuan penelitian menunjukkan bahwa konsumsi apel secara teratur pada orang dewasa dikaitkan dengan penurunan risiko kanker paru-paru, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), dan asma. Satu studi dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, yang mengamati kesehatan paru-paru mantan perokok, menemukan bahwa subjek yang diet tinggi apel dan tomat mengalami penurunan fungsi paru-paru yang lebih lambat.

Yuk, jangan lupa sertakan apel ke dalam menu harian sahabat Cantika, agar kita menuai sejumlah manfaat buah apel untuk menjaga kesehatan.

REAL SIMPLE

Baca juga: 3 Alasan Apel Jadi Makanan Super, Mengurangi Kehilangan Memori

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."