6 Manfaat Kacang Arab untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi Kacang Arab. Foto: Unsplash.com/Engin Akyurt

kesehatan

6 Manfaat Kacang Arab untuk Kesehatan Tubuh

Kamis, 29 September 2022 13:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Kacang arab kaya manfaat untuk kesehatan tubuh. Sayuran kecil ini tidak hanya serbaguna, terjangkau, dan tahan lama, tetapi juga merupakan sumber mikro dan makronutrien penting yang sangat baik.

"Kacang arab juga sumber protein nabati, serat, dan berbagai vitamin dan mineral yang sangat baik,” kata Mascha Davis, pemilik Nomadista Nutrition, seperti dikutip dari Real Simple, Selasa, 27 September 2022.

Untuk lebih lengkapnya, berikut enam manfaat  kacang arab untuk kesehatan

1. Sumber Protein Nabati yang Sangat Baik

Protein adalah makronutrien mendasar yang dibutuhkan untuk segala hal mulai dari perbaikan otot hingga fungsi hormon, jadi kacang arab adalah tambahan yang sangat baik untuk makanan atau camilan apa pun untuk meningkatkan protein yang mengenyangkan.

Satu ons kacang arab mengandung sekitar 3 gram protein. Karena kacang arab mengandung hampir semua asam amino esensial kecuali metionin, kacang arab dianggap sebagai sumber protein berkualitas lebih tinggi daripada beberapa sayuran lainnya.

2. Tinggi Serat

Selain tinggi protein, kacang arab juga kaya serat. Dalam satu ons kacang arab mengandung 2 gram serat. Protein dan serat bekerja sama untuk membantu memperlambat pencernaan dan memberikan rasa kenyang yang berkelanjutan.

3. Bisa Bantu Kontrol Gula Darah

Indeks glikemik (G.I.) mengukur seberapa cepat makanan tertentu menyebabkan gula darah Anda naik setelah memakannya. Kacang arab cukup rendah dalam skala ini dengan skor 28. Dan dengan kandungan protein dan seratnya yang tinggi, kacang arab adalah cara yang bagus untuk mengontrol gula darah.

Sebuah studi tahun 2008 menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi hingga 728 gram kacang arab per minggu mengalami penurunan kadar insulin puasa, faktor penting dalam regulasi gula darah. Dan studi yang lebih baru menemukan bahwa kadar glukosa darah secara signifikan lebih rendah setelah 45 menit ketika orang makan hummus dengan karbohidrat dibandingkan dengan hanya makan karbohidrat saja, menunjukkan bahwa hummus (terbuat dari kacang arab) mungkin dapat mengimbangi makanan glikemik yang lebih tinggi.

4. Bantu Mencapai Kebutuhan Zat Besi

Satu cangkir kacang arab menghasilkan sekitar 4,7 miligram zat besi, ditambah 2,1 mg vitamin C, yang membantu tubuh menyerap zat besi. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, dengan gejala seperti kelemahan dan kelelahan. Anda bisa menambahkan beberapa kacang arab di atas salad atau mencelupkan paprika ke dalam hummus untuk menambah zat besi di hari Anda.

5. Menyehatkan Jantung

Selain protein dan serat, kacang arab menawarkan banyak vitamin dan mineral yang kuat, termasuk magnesium, potasium, dan selenium. Kalium, misalnya, telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah, di antara banyak fungsi lainnya. Mineral ini juga berperan dalam mengurangi peradangan, yang terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung. 

6. Mencegah Kanker

Kacang arab mengandung antioksidan, vitamin B, dan selenium yang berpotensi membantu menangkal kanker tertentu. Saat Anda makan kacang arab, tubuh Anda menciptakan asam lemak rantai pendek yang disebut butirat. Asam lemak tersebut telah terbukti membantu membersihkan tubuh dari sel-sel yang sakit dan sekarat. Mereka juga mengandung senyawa bioaktif diet lainnya likopen, Biochanin A, dan saponin yang telah terbukti mengurangi risiko jenis kanker tertentu.

Untuk menuai manfaat kesehatan paling banyak dari kacang arab, Davis merekomendasikan untuk menikmatinya tanpa diolah, apakah itu berarti membeli buncis kering atau buncis kalengan (keduanya menawarkan manfaat nutrisi yang sebanding). Namun perlu diingat, saat membeli kacang arab kalengan, periksa kandungan natriumnya. 

Selain itu, jika ingin memasak dengan kacang arab kalengan, tiriskan dan bilas dengan air terlebih dahulu. Tujuannya menghilangkan garam atau pengawet tambahan. Anda juga bisa memanggang kacang arab yang sudah dibumbui untuk camilan renyah atau pugasan salad.

REAL SIMPLE

Baca juga: Kesalahan Umum Belanja dan Menyimpan Kacang

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika