Tidak Hanya Salmon, 5 Jenis Makanan Ini Mengandung Omega 3

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi steak salmon. Shutterstock

Ilustrasi steak salmon. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Manfaat asam lemak omega 3 dalam tubuh untuk tubuh. Asam lemak omega-3 ini merupakan salah satu jenis asma lemak esensial, artinya tidak bisa diproduksi oleh tubuh, tetapi terkandung dalam makanan. 

Dilansir dari Medicalnewstoday, manfaat asam lemak omega 3 untuk kesehatan fisik bisa mencegah berbagai penyakit kardiovaskular, membantu sistem paru-paru, membantu sistem kekebalan tubuh serta sistem endokrin yang meliputi pankreas, kelenjar adrenal, kelenjar tiroid, kelenjar pituitari serta hormon.  

BKKBN menyebut, asam lemak omega-3 ini juga berguna untuk mencegah anak terkena stunting. Namun, asam lemak omega-3 sering disebutkan terkandung dalam ikan salmon. Sementara, jenis ikan inimerupakan ikan yang memiliki harga cukup tinggi.  Lantas, adakah ikan yang mengandung omega-3 namun berharga murah? Berikut daftarnya! 

1. Ikan kembung 

Masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan ikan ini. Ternyata ikan yang biasa dijajakan di pasar-pasar tradisional ini memiliki kandungan asam lemak omega-3, kaya akan selenium dan vitamin B12. 

 Dalam satu porsi ikan kembung, setidaknya mengandung 0,59 gram DHA dan 0,43 gram EPA. DHA atau asam eicosapentaenoic dan asam dokosaheksaenoat EPA merupakan dua jenis asam lemak omega-3 selain ALA atau asam alfa-linolenat. 

2. Ikan teri 

Ikan teri merupakan salah satu jenis ikan laut yang biasa digunakan sebagai lauk pendamping nasi oleh masyarakag Indonesia. BKKBN menyebut, dalam 100 gram ikan teri setidaknya mengandung 1,4 gram asam lemak omega-3.  

3. Ikan tongkol 

Selain teri, ikan tongkol juga merupakan salah satu ikan laut yang nikmat disajikan dengan nasi hangat, apalagi jika dimasak dengan bumbu balado. Dalam 100 gram ikan tongko setidaknya mengandung 1,5 gram asam lemak omega-3. Baca Juga : Begini Cara Omega 3 Bersihkan Limbah di Otak 

4. Ikan Bandeng 

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kendal menyebut, ikan laut yang relatif terjangkau namun dengan kandungan yang tinggi adalah ikan bandeng. Bahkan, dalam laman Instagram resmi Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kendal ini disebut, ikan ini memiliki kandungan omega-3 enam kali lebih tinggi disandingkan ikan salmon. 

5. Kacang merah 

Ilustrasi kacang merah. shutterstock.com

Selain didapat dari ikan, asam lemak omega-3 juga bisa didapatkan dari tumbuhan. Kacang merah merupakan jenis kacang yang juga umum dijadikan lauk pendamping nasi. Dalam setengah cangkir kacang merah setidaknya mengandung 0,10 gram ALA.

Baca:  Selain Ikan Salmon, Simak Sederet Makanan Sumber Vitamin D

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."