Kreasi Resep Rendah Garam, Sup Merah Putih dan Sawi Gulung Ayam

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Sup Merah Putih/Foto: Dok. Dapur Umami

Sup Merah Putih/Foto: Dok. Dapur Umami

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Berdasarkan data dari Global Burden of Disease (2019), faktor risiko yang menyebabkan kematian paling tinggi di Indonesia adalah penyakit degeneratif hipertensi, diikuti dengan obesitas. Oleh sebab itu, pemenuhan asupan gizi sebaiknya dilengkapi kreasi resep yang bijak memakain garam. 

Berikut kreasi resep rendah garam dari Dapur Umami yang bisa mengurangi atau bijak memakai garam dalam masakan. Yuk, coba di rumah:

1. Sup Merah Putih

Bahan-bahan

- 4 butir telur
- 50 gram kornet
- 50 gram tahu putih
- 600 ml air
- 1 sdm air perasan bh bit
- 1 bungkus Masako Rasa Sapi 11 gr
- 30 gram brokoli

Cara membuat: 

1. Olesi ramekin dengan minyak, sisihkan.
2. Ambil dua wadah, taruh tiga butir putih telur dalam wadah pertama lalu taruh tiga kuning telur dan satu butir telur dalam wadah kedua. Tuang tahu kedalam adonan putih telur, beri 1/4 bks Masako Rasa Sapi, aduk rata, tuangkan ke dalam ramekin lalu kukus selama lima menit.
3. Tuang kornet kedalam adonan kuning telur, aduk rata, masukkan kedalam ramekin berisi adonan putih telur yang telah dikukus, lalu kukus kembali selama lima menit. Angkat, keluarkan dari ramekin potong potong.
4. Panaskan air, tambahkan brokoli dan Masako Rasa Sapi, aduk rata.
5. Tata tahu kornet kukus dalam mangkuk lalu tuangkan kuah sup, sajikan selagi hangat.

Keterangan gizi: 

Kalori 582 Kkal
Proten 46 gram 
Karbo 5 gram 
Lemak 42 gram
Serat 2 gram 

2. Sawi Gulung Ayam 

Sawi Gulung Ayam/Foto: Doc. Dapur Umami

Bahan-bahan:

½ sdt Masako Ayam
200 gram daging sapi, giling
300 gram daging ayam, cincang halus
¼ sdt merica bubuk
5 siung bawang putih, iris tipis dan goreng
2 sdm tepung maizena
1 butir telur
1 buah wortel, potong dadu
1 batang daun bawang, iris tipis
15 lembar sawi putih, kukus sebentar hingga layu

Cara membuat: 

1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan sesuai dengan penjelasan pada resep.
2. Masukkan daging sapi giling, ayam cincang, lada dan bawang putih goreng.
3. Tambahkan, tepung maizena, telur, wortel dan irisan daun bawang. Lengkapi dengan Masako Ayam.
4. Ambil satu sendok isian, letakkan sawi yang telah dikukus kemudian lipat seperti amplop dan gulung. Kukus lagi selama 20 menit. Sajikan selagi hangat.

PT Ajinomoto Indonesia melalui Brand Masako sejak tahun 1989, telah berkontribusi untuk masyarakat Indonesia untuk menyajikan masakan yang lezat dan bergizi untuk keluarga dengan bahan-bahan asli pilihan yang berkualitas. 

Sejalan dengan kepedulian terhadap kesehatan penduduk Indonesia, kini Masako hadir dengan varian baru yang lebih premium yang memiliki kandungan garam yang lebih rendah dengan cita rasa gurih yang pas. Sehingga memiliki nilai lebih bagi masyarakat di Indonesia yang peduli dengan kesehatan, terutama di era new normal pandemi ini.

“Sebagai bentuk komitmen kami bagi kesehatan masyarakat Indonesia, kami menciptakan varian Masako Rasa Gurih Pas, pelengkap varian bumbu masak sehat keluarga, yang lebih rendah garam (natrium), dan rasa kaldu yang lezat” ujar Eurli Prameswari, Head of Sauce & Seasoning Business Department - PT Ajinomoto Indonesia. 

Atas dasar itulah kami menciptakan inovasi dalam produk bumbu kaldu Masako  varian terbaru ini, sekaligus kami ingin berkontribusi bagi kesehatan masyarakat di Indonesia. Inovasi ini juga selaras dengan kampanye yang sedang Ajinomoto giatkan yaitu Bijak Garam.

Sependapat dengan Eurli, Grant Senjaya – Head of Public Relations Department PT Ajinomoto Indonesia menyampaikan bahwa kampanye Bijak Garam memang sejalan dengan anjuran Kementerian Kesehatan RI terkait pengurangan asupan Gula, Garam, Lemak (GGL) dalam konsumsi sehari-hari.

Melalui kampanye Bijak Garam yang sedang digiatkan ini, pihaknya ingin mengedukasi masyarakat tentang pentingnya diet rendah garam dan mengajak keluarga Indonesia untuk hidup lebih sehat dengan mengurangi asupan atau penggunaan garam dalam mengolah makanan, namun tetap bisa memperoleh cita rasa yang tinggi. 

Kampanye ini juga merupakan bukti komitmen Ajinomoto untuk terus memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, dengan meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan keluarga Indonesia melalui produk dan layanan yang berkualitas tinggi.

Bagi Ajinomoto, gizi yang baik adalah hal besar yang kami soroti dan merupakan modal penting bagi pertumbuhan generasi masa depan. Anak-anak di Indonesia membutuhkan gizi yang baik dan lengkap untuk tumbuh kembangnya. Dengan begitu, perkembangan mental dan fisik anak-anak di Indonesia jadi lebih baik sehingga menjadi generasi yang akan tumbuh dan berkembang.

"Bagi kami, tempat yang jauh pun bukan masalah, kami selalu bisa menyediakan produk Ajinomoto. Kami terus mengupayakan dunia di mana siapapun bisa mengakses makanan bergizi, di mana pun mereka berada. Karena itulah identitas kami dengan Nutrisi Tanpa Kompromi” lanjutnya.

Baca: Kreasi Resep Camilan ala Shireen Sungkar, Banana Cake dan Roti Panggang Keju

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."