Marshanda Blakblakan Cerita soal Body Shaming di Film Gendut Siapa Takut?!

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Marshanda menjadi pemeran utama film Gendut Siapa Takut?!. Foto: Spectrum Film.

Marshanda menjadi pemeran utama film Gendut Siapa Takut?!. Foto: Spectrum Film.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris, Marshanda menggarisbawahi pentingnya selalu tampil percaya diri dan mengatasi rasa minder terlepas dari bentuk tubuh yang ditampilkan dalam film "Gendut Siapa Takut?!". "Rasa yang harus selalu kita tunjukkan adalah rasa pede (percaya diri)," kata aktris itu saat konferensi pers di Jakarta, Kamis, 15 September 2022. 

“Orang-orang sukses dan orang-orang yang telah mencapai kesuksesan juga masih perlu membuat diri mereka pede dan itu juga dengan berbagai cara. Jadi ingatlah untuk selalu tidak fokus pada rasa tidak aman, tetapi fokuslah pada bagaimana hari ini saya merasa bahagia, bahagia, dan nyaman dengan diri saya sendiri," tambah Marshanda.

Dalam film yang disutradarai oleh Pritagita Arianegara tersebut, Marshanda memerankan tokoh utama yang memiliki tubuh gemuk bernama Moza Aphrodite. Meski menghadapi body shaming dan bullying, Moza tetap percaya diri dan ceria.

Marshanda menilai karakter Moza masih diliputi rasa minder karena memiliki tubuh yang gemuk, namun ia tetap berdandan dengan memakai makeup dan pakaian berwarna cerah. Karakter Moza, lanjutnya, justru merasa nyaman dengan dirinya sendiri. “Bersama dia (Moza) saya juga membuat novel dan karya, nah itu yang membuat saya bangga dan sedih,” ujarnya.

Poster film Gendut Siapa Takut?! yang dibintangi Marshanda, tayang 22 September 2022. Dok. Spectrum Film.

Ia percaya bahwa sulit untuk mengubah budaya masyarakat yang sering tanpa disadari melakukan body shaming dengan kedok percakapan sehari-hari dan lelucon. Hal itu sudah dianggap biasa, bahkan dilakukan oleh teman dekat dan anggota keluarga.

"Kalau saya sih seperti ini. Kalau misalnya kita harus dan benar-benar ingin mengubah masyarakat dunia untuk menghentikan bullying, itu berat, ya. Mungkin motto saya adalah mengubah apa yang bisa kita ubah atau apa yang sesuai dengan jangkauan kita," katanya.

Marshanda bersyukur rumah produksi Spectrum Film terlibat dalam proyek ini sehingga pesan yang ingin disampaikannya dapat menjangkau lebih banyak orang melalui tontonan. “Melalui film ini semoga kita bisa membuka mata para pelaku bullying dan body shaming, (membuka mata) lebih luas lagi kepada lebih banyak orang," katanya.

Demi memperdalam karakter Moza, Marshanda mengaku selama syuting berat badannya 74 kilogram atau naik 20 kilogram dibanding berat badan normalnya sebelum syuting. Untuk menambah berat badannya sendiri, ia mengaku cukup sulit, namun ia menemukan banyak hal, terutama saat merasakan perasaan orang gemuk yang mengalami body shaming dan bullying.

Menurutnya, tubuh gemuk yang dimilikinya saat itu berasal dari permintaan sutradara dan tuntutan peran dalam film tersebut. Selama proses syuting film Gendut Siapa Takut, Marshanda mengaku lebih banyak makan makanan manis dan mengandung karbohidrat sehingga ia semakin gemuk.

"Dan untungnya saya cepat gemuk, tapi cepat turun berat badan. Jadi untuk beradaptasi dengan peran ini tidak butuh waktu lama bagi saya untuk menjadi gemuk," katanya.

Baca: Banyak Belajar dari Cut Mini, Marshanda Senang Kembali di Layar Lebar

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."