Kisah Cinta Najwa Shihab dan Ibrahim Assegaf, Pacaran 6 Bulan lalu Menikah di Usia 20 Tahun

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
(dari kanan) Najwa Shihab dan suami, Ibrahim Sjarief Assegaf. Foto: Instagram/@najwashihab

(dari kanan) Najwa Shihab dan suami, Ibrahim Sjarief Assegaf. Foto: Instagram/@najwashihab

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penasaran dengan kisah cinta Najwa Shihab dan suami, Ibrahim Sjarief Assegaf atau lebih dikenal Ibrahim Assegaf? Ternyata jalinan cinta keduanya bermula di kampus. Ibrahim merupakan senior Najwa di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI).

"Pacarannya cepet enam bulan. Kakak kelas aku, dia di Fakultas Hukum UI juga. Malah pas pacaran, banyakan LDR (long distance relationship atau hubungan jarak jauh). Karena dia pas semester akhir sempat magang di Amerika Serikat," tutur Najwa kepada Ashanty saat bagikan kisah cintanya dalam video "Sering Bikin Politikus Ketakutan!! Najwa Shihab Ternyata Cengeng dan Bucin!!" yang diunggah di kanal Youtube Ngobrol Asix, Kamis, 15 September 2022.

Menurut Najwa, LDR membuat cinta mereka buat semakin matang dan kuat. "Soalnya kalau LDR kita "dipaksa" untuk terus komunikasi, kan. Trus "dipaksa" lebih ekspresif, lebih nunjukkin kasih sayang dengan metode-metode yang gak biasa, jadi menurutku itu mematangkan cinta. Abis itu bucin deh, diajak kawin, mau deh," tutur jurnalis, presenter, dan pendiri Narasi itu.

Setelah memantapkan hati dan mengantongi restu kedua orang tua, Najwa dan Ibrahim menikah pada Oktober 1997. Kala itu, Najwa masih berusia 20 tahun dan menjadi mahasiswa semester 3. Ayahnya, Quraish Shihab, mengizinkannya menikah dengan satu syarat, yakni tetap menyelesaikan kuliah. "Karena sudah menemukan orang yang tepat, jadi untuk apa menunda kebahagiaan," ungkapnya. 

(dari kanan) Najwa Shihab bersama suami, Ibrahim Sjarief Assegaf. Foto: Instagram/@najwashihab

Menjelang ulang tahun pernikahan perak alias 25 tahun pada Oktober 2022, Najwa mengungkapkan Ibrahim merupakan sosok pasangan yang suportif. "Aku merasa misalnya kalau bukan dengan Baim (panggilan Ibrahim), kayaknya aku enggak akan berada di titik karier ku saat ini, dan dengan berbagai hal yang aku lalui," ujar adik Najelaa Shihab itu.

"Aku inget waktu itu aku ngeliput penangkapan teroris. Aku masih nyusuin Izzat (putra Najwa dan Ibrahim), dan dia (Ibrahim) ikut. Izzat waktu itu masih umur enam atau tujuh bulan. Jadi, habis aku selesai liputan, dia nunggu di rumah, waktu itu ada rumah di Solo. Supaya aku nyusuin Izzat, trus abis itu aku balik liputan lagi. Jadi, dia ikut nemenin aku liputan teroris," kenang Najwa.

Sama seperti rumah tangga lainnya, Najwa mengatakan kehidupan pernikahan mereka tak selalu mulus. Ada kalanya Ibrahim mengingatkan Najwa jika terlalu larut sibuk dengan pekerjaannya. "Hhhmm kerja mulu, ada kayak gitu-gitunya. Biasanya kalo gitu, kita (aku) rayu-rayu lah," ujarnya sambil tertawa.

Saat ditanya apa kunci keharmonisan rumah tangganya, Najwa mengungkapkan ia membutuhkan Ibrahim di sisinya. "Aku tuh butuh dia. Aku segala hal akan cek dan tanya dia. Bukan hanya soal hal-hal keseharian di rumah, semua hal, semua isu, aku tanya ke dia," tuturnya.

Selain itu, ia mengungkapkan ia tumbuh bersama Ibrahim dari berbagai aspek kehidupan, seperti karier, pemikiran, dan kepribadiannya, begitu pula sebaliknya. Jadi, hal tersebut semakin menguatkan fondasi hubungan mereka berdua.

Najwa Shihab dan Ibrahim Sjarief Assegaf menikah pada 11 Oktober 1997. Keduanya kini telah dikaruniai satu putra, Izzat Assegaf, 21 tahun.

Baca juga: 24 Tahun Pernikahan, Najwa Shihab: Thank You Love

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."