Curhat Rio Motret Foto Keluarga Gibran-Selvi: Anak-anaknya Pinter Gaya dan Gak Cranky

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Foto keluarga terbaru Gibran Rakabuming Raka beserta istri, Selvi Ananda,  dan dua anaknya, Jan Ethes serta La Lembah Manah. Foto: Instagram/@riomotret

Foto keluarga terbaru Gibran Rakabuming Raka beserta istri, Selvi Ananda, dan dua anaknya, Jan Ethes serta La Lembah Manah. Foto: Instagram/@riomotret

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beberapa waktu lalu, fotografer Rio Motret mengabadikan potret keluarga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka beserta istri, Selvi Ananda, dan kedua buah hatinya, Jan Ethes serta La Lembah Manah. Melalui vlog di kanal Youtube-nya, Rio bagikan pengalaman pemotretannya yang berlangsung di rumah dinas Wali Kota Solo atau Loji Gandrung. Ia mengaku deg-degan sekaligus bangga dipercaya memotret anggota keluarga Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi.

"Aku deg-degan banget loh karena selain Wali Kota Solo, beliau juga anak Presiden Pak Jokowi. Jadi, deg-degan-nya dua kali lipat," ujar Rio dalam vlog "Ke Solo Foto Keluarga Walikota Solo Gibran Rakabuming #klikulik eps 69" yang diunggah di kanal Youtube Riomotret, pada Rabu, 14 September 2022. 

Sebelum pemotretan dimulai, Rio menunjukkan salah satu kamar di rumah dinas tersebut yang pernah ditempati Presiden pertama Indonesia, Soekarno. Setelah itu, ia menunjukkan ruang tamu dengan interior bergaya Belanda dan Jawa, dengan detail kaca patri, lampu antik, hingga perabotan kayu jati warna hitam. 

Ia juga menunjukkan lokasi foto keluarga di halaman rumah serta joglo & panggung gamelan loji gandrung.

Penata gaya Doley Tobing menunjukkan sejumlah busana yang dipakai keluarga Gibran Rakabuming Raka-Selvi Ananda untuk pemotretan keluarga di rumah dinas Wali Kota Solo. Foto: Tangkap layar Youtube/Riomotret

Setelah itu, Rio menunjukkan sejumlah busana yang akan dikenakan Gibran sekeluarga. Busana tersebut disimpan di salah satu ruangan. Busana pertama yang diperlihatkan adalah baju Selvi Ananda. Doley Tobing ditunjuk sebagai penata busana sekaligus penata gaya di pemotretan tersebut.

"Ada beberapa pilihan, ini dari mas Surya Abduh. Aku semuanya custom (dibuat khusus) untuk mbak Selvi dan mas Gibran sekeluarga. Sepatunya juga custom," ujar Doley yang memakai busana serbahitam.

Selain busana adat Jawa klasik berwarna hitam, Doley juga menyiapkan gaun tile warna coklat dengan tema royal java. Adapula kebaya kontemporer berdetail ruffle warna hijau sage dan kain batik warna senada. "Tadi mbak Selvi pilih warna hijau sage," kata Doley.

Kemudian Rio beralih ke ruangan lain, tempat Selvi dirias wajahnya oleh penata rias Rama Jee. Tema riasannya cantik dengan menonjolkan eyeshadow warna emas. Rama mengaku tidak ada kesulitan merias wajah menantu tertua Jokowi dan Iriana itu karena tulang pipi dan rahangnya sudah menonjol.

Di sela-sela merias wajah, mereka berbagi cerita soal kuliner khas Solo. "Enak-enak, kan. Ada gudeg, nasi liwet, bubur lemu, sop, sate buntel," ujar Selvi Ananda.

Foto solo Selvi Ananda di sesi pertama foto keluarga di rumah dinas Wali Kota Solo. Foto: Tangkap layar Youtube/Riomotret

Setelah persiapan merias wajah dan rambut selesai, pemotretan sesi pertama dilakukan. Selvi melakukan pemotretan solo di dalam ruangan dengan interior lampu antik. Selain pose duduk, Selvi juga berfoto dengan pose berdiri. 

Sesi foto kedua, Selvi sekeluarga memakai busana adat Jawa klasik untuk pemotretan di joglo & panggung gamelan loji gandrung. Sejumlah kerabat yang berdiri di sekitar Rio terdengar memanggil nama Jan Ethes dengan "mas" "le" dan La Lembah Manah dengan "adek" "Lembah" agar melihat ke arah kamera, tak hanya asyik bermain gamelan.

Usai berfoto dengan buah hati, di lokasi yang sama, Gibran dan Selvi foto berdua bak pemotretan pre-wedding. Rio mengarahkan pose-pose romantis seperti saling menatap.

Di sesi ketiga atau terakhir, pemotretan di halaman rumah dinas dilengkapi dua kursi dan satu meja di samping. Sambil menunggu keluarga Gibran-Selvi berganti busana, Rio ungkap pemotretan berjalan lancar karena subjek fotonya pandai bergaya.

"Tadi sempet kedubrak kedubruk, tadi mas Gibran datang. Kita semua kayak grogi gemetaran gitu. Jadi, langsung foto keluarga dulu di tempat alat-alat musik Jawa, gamelan. Dan, photoshoot-nya cepet banget karena anak-anaknya pinter banget gaya dan gak cranky (rewel)," jelas Rio.

Proses di balik layar foto keluarga Gibran Rakabuming Raka beserta istri dan kedua buah hati di rumah dinasnya sebagai Wali Kota Solo. Foto: Tangkap layar Youtube/Riomotret

Sama seperti sesi sebelumnya, sejumlah kerabat kerap memanggil nama dua buah hati Gibran dan Selvi. Adakalanya mereka menghibur melalui tepuk tangan, melucu, atau meloncat-loncat kecil agar kedua bocah tersebut tersenyum melihat ke arah kamera.

Di penghujung video, Rio mengungkapkan sesi foto terakhir dilakukan lebih cepat dari sebelumnya karena La Lembah Manah mulai tak nyaman difoto.

"Prosesnya mang rada cepet-cepet gitu. Karena kalau foto sama anak kecil, kan, mood-nya harus dijaga banget. Tadi kebetulan Lembah lagi agak cranky pas baju kedua. Jadi, kita harus cepet banget. Dan, sekarang baru jam 5 (sore) kita udah kelar (foto)," tutupnya.

Penasaran seperti apa foto keluarga Gibran-Selvi dalam bidikan kamera Rio Motret? Intip di artikel di bawah ini, ya, sahabat Cantika.

Baca juga: Potret Keluarga Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda, Nuansa Klasik Adat Jawa

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."