Mengenal Aligner Gigi: Kelebihan, Proses Pembuatan, hingga Cara Membersihkannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pemeriksaan gigi/dokter gigi. Shutterstock.com

Ilustrasi pemeriksaan gigi/dokter gigi. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aligner gigi adalah salah satu opsi merapikan gigi. Dibandingkan dengan kawat tradisional, aligner gigi lebih estetik karena material bening, dan usia pakainya sekitar 3-6 bulan. Berkat perkembangan teknologi, hasil akhir pemakaian aligner gigi bisa diprediksi.

"Kemampuan untuk melihat hasil akhir ada di aligner, itu tidak ada di behel. Ada blue print-nya seperti membangun rumah. Benar-benar customized," ujar Dokter gigi Stephanie Adelia Susanto atau akrab disapa dokter Adel, salah satu pendiri Klar Smile, ditemui usai konferensi pers di Hotel Raffles, Jakarta Selatan, pada Kamis, 8 September 2022.

Selain bagikan kelebihan aligner gigi, dokter Adel juga menggambarkan proses pembuatan aligner gigi. Menurut salah satu pendiri Klar Smile itu, proses pembuatan aligner gigi tergantung pada kondisi gigi pasien. Semakin ringan kasusnya, maka semakin cepat proses pembuatannya.

Dengan contoh kasus, pasien dengan gigi berjejal sedang, Adel menyebutkan di Klar Smile biasanya diawali dengan konsultasi daring via zoom.

"Kalau sudah dapat treatment plan-nya, biasanya kami kasih ke klinik partner,
di sana dilakukan pencetakan gigi, pengambilan foto, kalau ada yang lubang-lubang ditambal, kemudian cetakan itu dikirim ke lab Klar. Proses itu biasanya kurang lebih dua minggu," jelas Chief Orthohonthist Klar Smile itu. 

Dokter gigi Stephanie Adelia Susanto, salah satu pendiri Klar Smile, ditemui usai konferensi pers di Hotel Raffles, Jakarta Selatan, pada Kamis, 8 September 2022. Foto: Cantika.com/Silvy Riana Putri

"Saat sudah jadi, pasien konsultasi lagi ke klinik dokter. Pertemuan pertama harus ke dokter gigi karena pasang aligner itu tidak cuma plastik, kadang ada aksesori untuk mendukung perubahan susunan gigi. Contohnya ada semacam tambalan sewarna gigi yang digunakan untuk menambah pressure point," tuturnya.

"Tujuannya agar menggerakkan giginya lebih akurat. Itu dilakukan di dokter gigi. Setelah itu, kontrol bisa lewat di klinik atau virtual di aplikasi," lanjutnya.

Saat ditanya berapa banyak aligner gigi yang diberikan, dokter Adel menjawab tergantung kondisi gigi pasien. Mengingat contohnya gigi berjejal sedang, ia menyebutkan mungkin sekitar 20 pasang aligner gigi untuk 20 minggu.

"Jumlah aligner gigi itu tergantung pada kasusnya. Semakin ringan kasusnya, semakin cepat. Semakin berat, semakin banyak pekerjaan rumahnya," ungkapnya.

Aligner gigi buatan Klar Smile. Foto: Dok. Klar Smile

Dokter Adel mengatakan alligner gigi dipakai selama 22 jam, termasuk saat makan ataupun tidur. Ia meyakinkan aligner gigi aman dipakai saat tidur karena mengunci di gigi. Tandanya aligner gigi sudah terkunci adalah terdengar bunyi klik saat dipasang ke gigi.

Bicara soal durasi pemakaian, Adel mengatakan ini butuh komitmen tinggi dari pasien. Sebab jika kerap pasang lepas aligner gigi bisa memengaruhi hasil akhir ataupun memperlambat proses merapikan gigi. 

Saat ditanya cara membersihkan aligner gigi, Adel memaparkan dapat disikat lembut seperti menyikat gigi. "Pakai pasta gigi supaya lebih bersih dan tidak bau. Sikatnya lembut-lembut saja, bilas dengan air. Setelah itu, pasang lagi aligner gigi, tidak usah direndam apa pun," ucapnya.

Bicara soal aligner gigi, Adel mengatakan alat perata gigi tersebut sudah ada sejak tahun 90-an. Sejak Klar Smile berdiri pada tahun 2020, kebanyakan pasiennya yang memakai aligner gigi adalah wanita ketimbang pria, dengan persentase 60:40. "Kebanyakan dari pasien Klar mementingkan estetik, gak mau pakai behel seperti pasien dewasa. Alasan lainnya pekerjaan," tuturnya.

Jika Anda tertarik memakai aligner gigi di Klar Smile, ada sejumlah keunggulan yang ditawarkan. Di antaranya jaminan kualitas karena seluruh produk dibuat oleh orthodonti berpengalaman dan
seluruh proses perawatan dikawal oleh dokter gigi. Selain itu, Anda bisa konsultasi lewat aplikasi ataupun mengirim pesan di aplikasi percakapan, selain tatap muka. Klar Smile juga memberikan harga aligner gigi paling terjangkau karena semua produksi di Yogyakarta. Bisa juga dicicil selama 12 bulan tanpa kartu kredit. 

Baca juga: Dokter Ungkap Pentingnya Punya Gigi Rapi untuk Kesehatan Gigi dan Pencernaan

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."