Dokter Ungkap Pentingnya Punya Gigi Rapi untuk Kesehatan Gigi dan Pencernaan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi gigi (pixabay.com)

Ilustrasi gigi (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah Anda, 4 dari 5 orang di Indonesia mengalami gigi tidak rapi (maloklusi). Memiliki gigi rapi belum menjadi prioritas bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Padahal, faktanya gigi rapi berdampak besar pada kesehatan, tak hanya soal estetika, menurut Drg. Stephanie Adelia Susanto atau akrab disapa dokter Adel.

"Misalnya gigi bertumpuk, berjejal, maka akan mudah dibayangkan bahwa plak gigi dan sisa makanan akan berkumpul di sela-sela itu," ujar dokter Adel yang juga salah satu pendiri Klar Smile saat ditemui di Hotel Raffles, Jakarta Selatan, pada Kamis, 8 September 2022.

Dengan kondisi gigi yang tidak rapi, lanjut dokter Adel, makanan lebih mudah tersangkut dan sikat gigi terbatas menjangkau sela-sela tersebut. "Jadi masuk akal, gigi yang berjejal seperti itu bisa mudah berlubang. Gigi yang rapi meminimalkan risiko gigi berlubang, dan tentunya gigi rapi akan lebih mudah dibersihkan," kata Chief Orthohonthist Klar Smile.

Ia juga menyebutkan salah satu risiko memiliki gigi yang tidak rapi dapat meningkatkan risiko gigi retak atau patah. "Misalnya, kalau gigi patah atau retak, solusinya harus dicabut. Ketika dicabut, yang terjadi kerja gigi-gigi di sebelahnya semakin berat lagi. Jadi, lama-lama setelah dicabut, nanti nambah (gigi) yang dicabutnya. Jadi, gigi yang rapi menyeimbangkan kerja gigi. Tak hanya itu, gigi yang seimbang, gigi bisa awet sampai tua," ujarnya.

Manfaat lain punya gigi rapi juga berdampak pada kesehatan sistem pencernaan. Perlu diingat, tegas dokter Adel, gigi juga bagian dari sistem pencernaan. Ketika gigi tidak berfungsi dengan baik, termasuk gigi berlubang, tidak rapi, maka fungsi lambung dan usus bisa bermasalah. "Dalam jangka panjang akan membuat kerja sistem pencernaan semakin berat," jelasnya.

Dokter Adel juga menyebutkan memiliki gigi rapi berdampak baik pada karier. Menurut sebuah penelitian tahun 2012, diungkapkan bahwa 45 persen orang yang mempunyai gigi rapi mendapatkan pekerjaan yang jauh lebih baik dan sesuai keinginannya dibandingkan dengan yang giginya tidak rapi. 

Baca juga: 8 Makanan Berikut Bantu Menjaga Kesehatan Gigi, Ada Jamur Shitake dan Stroberi

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."