Ria Ricis Mengalami Mastitis, Ketahui Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegahnya

Ria Ricis, konten kreator. Foto: Instagram/@riaricis1795

kesehatan

Ria Ricis Mengalami Mastitis, Ketahui Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegahnya

Kamis, 8 September 2022 08:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Kabar kurang mengenakan datang dari Youtuber kenamaan Indonesia, Ria Ricis yang mengungkapkan penyakit yang melanda dirinya, yaitu mastitis di YouTube miliknya pada Selasa, 6 September 2022. "Aku kira itu kayak bengkak seperti biasa karena aku udah pijit laktasi itu sudah hampir tiga sampai empat kali," ujar Ria Ricis.

Pada saat gejala awal mastitis muncul, adik Oki Setiana Dewi tersebut mengaku sempat menghiraukannya. "Karena aku emang tipe yang kalau sakit gak pernah bilang. Meski suami aku udah bilang 'kalau ada apa-apa ngomong ya'," ucapnya. 

Usai konsultasi dengan dokter, Ria Ricis mengaku kaget lantaran dinyatakan mengidap mastitis. "Aku kan anaknya melow. Kalau lagi sedih di-pukpuk, malah jadi tambah sedih. Tadinya gak ketahuan, tapi yang kedua akhirnya ketahuan dan jadi nangis kencang," tuturnya. 

Seperti yang dialami Ria Ricis, ketahui hejala, penyebab, dan cara mencegah mastitis. 

Apa itu penyakit mastitis

Dilansir mayoclinic.com mastitis adalah peradangan jaringan payudara yang bisa membuatnya infeksi. Peradangan ini bisa menyebabkan nyeri pada payudara, mengalami pembengkakan, kemerahan serta bisa membuat ibu menyusui merasakan demam dan kedinginan, persis seperti yang dialami Ria Ricis.

Gejala mastitis 

Biasanya, tanda atau gejala penyakit mastitis bisa muncul secara tiba-tiba dan menyerang peremuan yang sedang menyusui, dengan rincian sebagai berikut : 

- Tekstur permukaan payudara akan terasa lebih lembut dan hangat saat disentuh- Akan terlihat pembengkakan dan kemerahan pada area payudara- Muncul penebalan pada jaringan payudara atau benjolan payudara- Terasa nyeri atau sensasi terbakar secara terus menerus atau saat menyusui- Demam sampai menyentuh angka 38,3 celcius atau lebih besar. 

Penyebab mastitis 

Penyebab penyakit mastitis biasanya terjadi akibat saluran susu yang tersumbat, penyumbatan inilah yang menyebabkan susu untuk kembali hingga menyebabkan infeksi payudara. Adapun, karena terdapat bakteri memasuki payudara melalui lubang saluran susu. 

Susu yang tergenang di payudara yang tidak dikosongkan ini menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri dan menjadi penyebab mastitis. Komplikasi mastitis yang tidak diobati karena disebabkan oleh saluran yang tersumbat dapat menyebabkan kumpulan nanah (abses), dan biasanya hal ini memerlukan penanganan drainase bedah.  

Cara mencegah mastitis

1. Tiriskan sepenuhnya ASI dari payudara Anda saat menyusui. 2. Biarkan bayi Anda mengosongkan satu payudara sepenuhnya sebelum beralih ke payudara lainnya selama menyusui. 3. Ubah posisi yang Anda gunakan untuk menyusui dari satu kali menyusui ke yang berikutnya4. Pastikan bayi Anda menyusui dengan benar. 5. Hindari merokok.

Baca: Cerita Shireen Sungkar Saat Mengalami Baby Blues, Rasanya Sulit dan Terus Menangis