Lidah Buaya Hingga Mentimun Bisa Melembabkan Bibir Secara Alami

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi bibir (pixabay.com)

Ilustrasi bibir (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Punyai bibir kering dan pecah-pecah memang membuat seseorang tidak nyaman. Penyebab bibir kering bisa beragam. Karena sinar matahari, juga udara yang dingin atau pun panas. Jika dibiarkan, bibir pecah-pecah biasanya akan menimbulkan luka yang mengeluarkan darah dan membuat penampilan tidak bagus. 

Parahnya apabila mengalami hal ini, kita tak dapat dengan mudah menggunakan produk makeup seperti lipstik maupun lipgloss. Berikut cara merawat bibir agar tidak kering melansir dari medicalnewstoday:

Menggunakan Pelembab

Bahan alami juga menyediakan pelembab bibir yang tentu mudah diaplikasikan. Menggunakan bahan alami ini juga tak memerlukan pengolahan yang rumit. 

Bahan yang bisa dipakai sebagai pelembab bibir alami yakni: 

Lidah buaya: Mengandung antioksidan, vitamin, mineral juga antiinflamasi yang punyai manfaat untuk menenangkan serta menghidrasi kulit bibir yang rusak. 

Madu: Salah satu pelembab alami yang ajaib dalam fungsi melembabkan. Selain mengandung antioksidan, madu juga mengandung sifat antibakteri yang bisa memberikan manfaat mencegah infeksi saat bibir kering dan pecah-pecah. 

Mentimun: Karena kaya akan vitamin dan mineral, mentimun juga bisa membantu melembabkan bibir yang kering dan pecah-pecah. 

Teh hijau: Terkenal dengan polifenol yang bisa mengurangi peradangan, teh hijau juga kaya akan antioksidan dan mineral.

Mengeksfoliasi bibir 

Melakukan eksfoliasi pada area bibir yang kering juga dapat menjadi salah satu cara untuk menyembuhkannya.

Caranya dengan menggunakan soda kue ataupun scrub bibir dengan lembut pada area bibir yang kering. Pilihlah scrub bibir yang mengandung bahan yang punyai manfaat menenangkan serta melembabkan. 

Berhenti atau mengurangi merokok 

Merokok juga merupakan salah satu sebab bibir kering dan pecah-pecah. Hal ini karena asap tembakau bisa membuat kulit teriritasi kulit bibir yang cenderung sensitif. Biasanya orang punyai kebiasaan merokok sering mengalami bibir kering dan pecah-pecah, yang akan hilang setelah mereka berhenti merokok. Selain menyebabkan bibir pecah-pecah, merokok juga bisa sebabkan masalah kesehatan mulut yang lain seperti sariawan juga nyeri pada gusi. 

Meminum air putih 

Bibir kering dan pecah-pecah juga bisa disebabkan oleh dehidrasi. Ketika orang mengalami dehidrasi, tubuhnya akan menarik air pada area-area tertentu, termasuk bibir. Hal ini dilakukan agar sel tetap terhidrasi, namun ini juga yang menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Meminum air putih dapat membantu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

Baca:

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."