7 Manfaat Tanaman di dalam Ruangan untuk Kesehatan Mental dan Fisik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi rumah dengan dekorasi tanaman hijau. Unsplash.com/Luiz Cent

Ilustrasi rumah dengan dekorasi tanaman hijau. Unsplash.com/Luiz Cent

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menempatkan tanaman di dalam ruangan salah satu cara membawa sentuhan natural dalam dekorasi ruangan. Ternyata tak hanya untuk mempercantik, tanaman di dalam ruangan juga memiliki sederet manfaat untuk kesehatan fisik dan mental.

Untuk kesehatan mental, keberadaan tanaman di dalam ruangan bisa mencegah stres dan bagian dari terapi. Sementara dari sisi fisik, tanaman di dalam ruangan bisa membuat penglihatan lebih tajam. Bahkan bisa membantu kerja lebih optimal. Berikut sejumlah studi yang memaparkan manfaat tanaman di dalam ruangan seperti dikutip dari Healthline, Senin, 10 Januari 2022.

1. Dapat Membantu Mengurangi Tingkat Stres

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Physiological Anthropology menemukan, tanaman di dalam rumah atau kantor Anda dapat membuat Anda merasa lebih nyaman dan tenang.

Dalam studi tersebut, peserta diberi dua tugas berbeda yakni melaporkan kondisi tanaman hias atau menyelesaikan tugas singkat berbasis komputer.

Setelah setiap tugas selesai, peneliti mengukur faktor biologis yang terkait dengan stres, termasuk detak jantung dan tekanan darah.

Mereka menemukan, tugas bertanam dalam ruangan menurunkan respons stres pada peserta. Sementara tugas komputer, menyebabkan lonjakan denyut jantung dan tekanan darah, meskipun peserta penelitian yakni pria muda yang terbiasa dengan pekerjaan komputerisasi.

Para peneliti menyimpulkan, bekerja dengan tanaman dapat mengurangi stres fisiologis dan psikologis.

2. Dapat Mempertajam Perhatian Anda

Dalam sebuah penelitian kecil yang melibatkan 23 peserta, peneliti menempatkan siswa di ruang kelas dengan tanaman palsu dan asli, foto tanaman, atau tanpa tanaman sama sekali.

Hasil pemindaian otak peserta menunjukkan, siswa yang belajar dengan tanaman hidup di kelas ternyata lebih perhatian dan lebih mampu berkonsentrasi daripada siswa di kelompok lain.

3. Bisa Bagian dari Terapi

Bagi orang yang mengalami gejala penyakit mental, menempatkan tanaman di dalam ruangan dapat membantu.

Peneliti menggunakan terapi hortikultura untuk meningkatkan perasaan sejahtera di antara orang-orang dengan depresi, kecemasan, demensia, dan kondisi lainnya.

Klinik medis di Manchester, Inggris sejak beberapa waktu lalu bahkan meresepkan tanaman pot untuk pasien dengan gejala depresi atau kecemasan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."