Alasan Menlu Retno Marsudi Kenakan Baju Adat Bugis

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengenakan baju adat Bugis saat mengikuti upacara kemerdekaan Republik Indonesia/Foto: Instagram/Retno Marsudi

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengenakan baju adat Bugis saat mengikuti upacara kemerdekaan Republik Indonesia/Foto: Instagram/Retno Marsudi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi kembali mengenakan baju adat yang mencuri perhatian saat memimpin upacara Hari Ulang Tahun atau HUT RI ke-77 yang diadakan di kompleks Kementerian Luar Negeri, Rabu, 17 Agustus 2022. Ia memakai baju adat dari suku Bugis.

"Pagi ini saya di wawancara oleh salah satu media Indonesia, pertanyaan pertama busana apa yang saya pakai dan mengapa saya memilih busana tersebut? Jawab saya busana adat Bugis dengan aksesoris Ponto Bosara' dan Sima'taiyya atau pengikat lengan. Busana adat yang sangat cantik," tulis Retno. 

Alasan Retno memakai baju adat ialah sebagai bentuk dan cara merayakan keberagaman budaya Indonesia di hari yang sangat penting. "Mengapa? Ini adalah cara saya untuk merayakan keberagaman budaya Indonesia pada hari yang sangat penting dalam sejarah Indonesia ini Berbeda-beda namun tetap satu, semangat yang tidak boleh pudar," harapnya. 

"Let us continue to celebrate our unity in diversity and move forward together. Dari lapangan tenis Kementerian Luar Negeri Indonesia, saya dan segenap keluarga besar Kemlu mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-77 Indonesia. Mari kita terus bekerja keras untuk melanjutkan Indonesia yang merdeka dan sejahtera. Indonesia yang lebih baik untuk semua."

Kemarin, saat menghadiri sidang tahunan MPR pada Selasa, 16 Agustus 2022. Retno mengenakan busana adat Batak Toba dengan hiasan kepala sortali warna oranye yang dilengkapi aksesori kalung dan ikat pinggang. "At the President’s Annual State of Nation Address 2022 with Ani @smindrawati," tulisnya.

Baca: Gaya Kompak Retno Marsudi dan Sri Mulyani Pakai Busana Adat

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."