Gaya Kompak Retno Marsudi dan Sri Mulyani Pakai Busana Adat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Gaya kompak dua sahabat Retno Marsudi dan Sri Mulyani mengenakan busana adat di Sidang Tahunan MPR RI/Foto: Instagram/Retno Marsudi

Gaya kompak dua sahabat Retno Marsudi dan Sri Mulyani mengenakan busana adat di Sidang Tahunan MPR RI/Foto: Instagram/Retno Marsudi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dua sahabat di kabinet kerja Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani kompak berbusana adat Nusantara saat menghadiri sidang tahunan MPR pada Selasa, 16 Agustus 2022. 

Melalui laman Instagramnya, Retno menunggah foto kebersamaan mereka. Retno mengenakan busana adat Batak Toba dengan hiasan kepala sortali warna orangye yang dilengkapi aksesori kalung dan ikat pinggang. "At the President’s Annual State of Nation Address 2022 with Ani @smindrawati," tulisnya. 

Sementara itu, Sri Mulyani mengenakan baju kurung yang dipadankan dengan kain dan selendang motif batik warna hijau. warna yang sama dengan busana adat paksian yang dipakai Presiden Joko Widodo. 

"Sehari menjelang hari kemerdekaan, riuh nasionalisme semakin terasa gegap gempita dimana-mana. Masyarakat begitu antusias dan sibuk menyambut hari jadi bangsa kita. Saya pun demikian," tulis Sri Mulyani dalam Reels Instagramnya. 

Mengenakan kebaya favorit, di pagi hari Sri Mulyani menghadiri Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2022 untuk mendengarkan pidato Presiden Jokowi tentang Penyampaian Laporan Kinerja Lembaga-Lembaga Negara dan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam Sidang Bersama DPR. 

Kemudian, bersama undangan DPR RI yang lain, ia menghadiri Rapat Paripurna DPR dengan dua agenda, yaitu Pidato Pembukaan Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022-2023 dan Pengantar Presiden atas Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang APBN Tahun Anggaran 2023 beserta Nota Keuangannya. Kedua agenda tersebut berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPR RI hingga menjelang sore.

Sore harinya, ia bersama sejumlah menteri, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Kesehatan Budi S Sadikin, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bergerak ke Kantor Pusat Pajak untuk menghadiri Konferensi Pers Nota Keuangan RAPBN 2023 guna memberikan keterangan mengenai perkembangan perekonomian terkini, asumsi dasar ekonomi makro 2023, serta pokok-pokok RAPBN 2023, kepada rekan-rekan media.

"Hari yang cukup padat, namun tetap dilalui dengan penuh semangat dan penuh rasa optimis," tulis Sri Mulyani. 

Selain dua sahabat ini, Presiden Jokowi dan Ketua DPR RI Puan Maharani juga hadir mengisi sidang tahunan MPR dengan mengenakan busana adat. Presiden Jokowi pakai busana adat paksian dari Bangka Belitung, lalu Puan Maharani anggun berkebaya kutubaru klasik rancangan Didiet Maulana. 

Baca: Menteri Retno Marsudi Mondar Mandir di Antara Rapat, Demi 10 Ribu Langkah Per Hari

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."