Jill Biden Positif Covid-19, Isolasi Mandiri di Carolina Selatan

Jill Biden, istri Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Foto: Instagram/@flotus

kesehatan

Jill Biden Positif Covid-19, Isolasi Mandiri di Carolina Selatan

Selasa, 16 Agustus 2022 21:55 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Ibu negara Amerika Serikat, Jill Biden dinyatakan positif Covid-19.

"Setelah dites negatif Covid-19 pada hari Senin, 15 Agustus, selama tes reguler, Ibu Negara mulai menunjukkan gejala seperti pilek di malam hari," bunyi pernyataan Selasa pagi, 16 Agustus 2022 waktu Amerika atau Selasa malam waktu Indonesia, dari direktur komunikasinya, Elizabeth Alexander. "Dia jalani tes antigen lagi hasilnya negatif, tetapi hasil tes PCR-nya positif."

Saat ini, dia hanya mengalami gejala ringan, kata Alexander.

Perempuan 71 tahun itu diketahui sudah vaksin lengkap sekaligus vaksin booster dua kali seperti Joe Biden. 

"Dia telah diberi resep Paxlovid, dan mengikuti panduan CDC, akan jalani isolasi mandiri setidaknya selama lima hari," kata pernyataan Alexander. "Orang-orang yang kontak dekat Ibu Negara telah diberitahu."

Jill menghabiskan beberapa hari terakhir berlibur di Pulau Kiawah di Carolina Selatan bersama presiden dan keluarga mereka. Dia akan tetap diisolasi di kediaman pribadi di Carolina Selatan sampai dua hasil tes Covid-19 negatif berturut-turut.

Hampir sebulan sebelumnya Presiden Joe Biden terinfeksi Covid-19 dua kali dalam waktu berdekatan. Biden pertama kali dinyatakan positif Covid-19 pada 21 Juli. Tim dokter memberinya terapi obat antivirus Paxlovid selama lima hari. Obat ini boleh diberikan pada orang berusia 12 tahun ke atas yang berisiko tinggi terkena penyakit parah.

Biden memiliki gejala ringan selama serangan pertama Covid, termasuk pilek, kelelahan, suhu tinggi dan batuk, menurut dokter O'Connor, anggota tim dokter kepresidenan Amerika Serikat.

Pada akhir Juli 2022, Biden dinyatakan positif lagi setelah tiga hari dinyatakan negatif Covid-19. Kasusnya disebut sebagai Covid pantulan atau rebound. Kasus tersebut jarang terjadi setelah perawatan dengan anti-virus dan obat. Di awal Agustus, tepatnya 8 Agustus 2022, Biden dinyatakan negatif Covid-19.

Selama Joe Biden terinfeksi Covid-19, Jill Biden tetap rutin jalani tes, dan hasilnya negatif.

Baca juga: Jill Biden Ungkap Pentingnya Kertas Post It saat Jalani Peran Ibu Negara

PEOPLE