7 Mitos dan Fakta yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Jus Seledri

Ilustrasi Seledri. organicfacts.net

kesehatan

7 Mitos dan Fakta yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Jus Seledri

Sabtu, 9 Maret 2019 17:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Beberapa waktu ini media sosial ramai dengan unggahan jus seledri. Tagar #celeryjuice atau #celeryjuicebenefits hasilnya bisa sampai seratus ribu. Tak hanya itu, selain mengunggah jus seledri mereka juga mengklaim jus seledri bermanfaat untuk banyak hal, dari mengatasi jerawat, eksim, prosirasi, sampai menurukan tekanan darah.

Baca juga: Yuk Minum Jus Seledri dan Nikmati 4 Khasiat Berikut

Selebriti ternama dunia, Kim Kardashian misalnya, juga mengikuti tren seledri ini. Bintang reality show ini bahkan berharap jus seledri bisa menyembuhkan psoriasis yang dideritanya. Aktris Debra Messing juga menyisipkan jus seledri untuk meningkatkan kesehatannya dalam resolusi tahun 2019.

Cara membuat jus selediri ini dengan menyaring batang seledri menjadi jus. Lalu diminum saat perut kosong untuk mendapatkan manfaat kesehatannya. Sebelum Anda mencoba tren jus seledri, ada beberapa hal yang perlu diketahui seperti dilansir dari laman Bustle berikut init.

#1. Tidak akan mendetoksifikasi Mitos terbesar pertama: tren kesehatan apa pun yang mengklaim "mendetoksifikasi" sistem berpotensi merusak sistem pencernaan. Tubuh Anda sudah mengeluarkan racun dari sistem menggunakan hati, menurut Cleveland Clinic. Seledri, yang merupakan 95 persen air, saat diolah menjadi jus dapat membantu Anda tetap terhidrasi dan sistem pencernaan tubuh. Makan makanan yang kaya nutrisi dan melakukan aktivitas fisik secara teratur juga dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh, tetapi menuru Clinic Cleveland meminum jus khusus tidak akan meningkatkan proses itu.

#2. Ada gula dalam jus seledri Anda mungkin berpikir tidak ada gula dalam jus seledri karena terbuat dari sayuran yang mengandung banyak serat dan air, tetapi sebenarnya ada sedikit gula dalam seledri. Dan sama seperti ketika Anda membuat jus buah atau sayuran, jus seledri mengkonsentrasikan kandungan gula seledri. Mengkonsumsi gula pada dasarnya tidak buruk, tetapi jika membuat jus seledri, Anda mungkin mengonsumsi lebih banyak gula daripada yang seharusnya.

#3. Batang selediri kaya manfaat kesehatan Ketika Anda makan batang seledri yang sebenarnya, penelitian telah menunjukkan bahwa seledri memang memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk potensi untuk menurunkan peradangan, mengurangi tekanan darah, mengurangi risiko kanker, dan mencegah hilangnya penglihatan yang berkaitan dengan usia, menurut Medical News Today.

Sedangkan jus seledri akan memberi Anda vitamin C dan K sayuran, serta mineral penting seperti kalium dan folat, menurut Clinic Cleveland. Tetapi memasukkan seledri ke dalam smoothi,  menyaring semua serat yang terkait dengan manfaat-manfaat di atas.

#4. Tak perlu minum jus seledri saat perut kosong Beberapa orang merekomendasikan agar Anda minum jus seledri saat perut kosong untuk mendapatkan manfaat kesehatan penuh, tetapi Dr. Gabriella Safieh dari Parsley Health mengatakan tidak ada bukti medis yang mendukung meminum jus seledri saat perut kosong memiliki manfaat apa pun. Jadi, jika ingin mulai minum jus seledri, minumlah setiap kali Anda mau.

#5. Minum jus seledri tidak akan menyembuhkan semuanya Terlepas dari apa yang Anda lihat di media sosial, sebenarnya tidak ada bukti medis yang menunjukkan manfaat kesehatan yang luar biasa yang dikatakan orang-orang. "Tidak ada banyak bukti ilmiah untuk mendukung sebagian besar klaim kesehatan tentang minum jus seledri," Malina Malkani, ahli gizi yang terdaftar dan juru bicara Akademi Nutrisi dan Diet. "Secara umum, jika mode makanan, diet, atau layanan terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, Anda dapat berasumsi bahwa itu benar."

#6. Jus selediri menghilangkan kandungan serat Salah satu alasan mengapa manfaat jus seledri diperdebatkan adalah karena ketika membuat jus seledri, Anda kehilangan semua serat sehatnya, yang membuat seledri menjadi camilan yang lebih mengenyangkan dan dapat berkontribusi pada kesehatan usus yang lebih baik. "Membuat jus seledri (dan sayuran lainnya) menghilangkan serat bermanfaat yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama, meningkatkan kesehatan usus dan memberi makan bakteri kesehatan dalam usus Anda," kata Malkani.

#7. Jus seledri dapat diminum dengan atau tanpa alasan tertentu Jus seledri tidak buruk untuk Anda, tetapi penting untuk terbuka dengan hal-hal lain. "Jika kamu menikmati rasa jus seledri, lakukanlah!" ujar Malkani. "Tapi jangan langsung ikut-ikutan Instagram, berharap jus seledri akan menjadi obatnya - semua yang telah Anda cari seumur hidup”,

Jika Anda menikmati minum jus seledri, tidak ada alasan untuk berhenti meminumnya. Ketahuilah saat ini tidak ada bukti medis untuk mendukung klaim bahwa itu akan menyembuhkan penyakit medis tertentu. Namun, ada banyak bukti bahwa banyak orang menyukai jus seledri.