Pemilik Kulit Sensitif, Begini 5 Kiat Aman Mencoba Produk Kecantikan dengan Wewangian

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit wajah sensitif. shutterstock.com

Ilustrasi kulit wajah sensitif. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda mungkin sering mendengar bahwa produk dengan wewangian sangat dilarang. Sebabnya bisa memicu reaksi iritasi atau alergi. Akan tetapi, Anda sebenarnya dapat menoleransi sedikit wewangian pada kulit sensitif.

Tahukah Anda, jika pergi ke dokter kulit atau ahli alergi untuk tes tempel alergen yang menunjukkan alergi wewangian, bisa jadi Anda tidak alergi terhadap semua wewangian, kata Marisa Garshick, MD, dokter kulit bersertifikat di New York, Amerika Serikat.

"Ketika wewangian diuji secara resmi dalam uji tempel kantor medis, campurannya mencakup wewangian berbeda yang dapat digunakan untuk menyaring alergi wewangian," kata Dr. Garshick.

"Sementara tes tempel positif dapat menunjukkan bahwa Anda alergi terhadap satu atau lebih wewangian, itu tidak selalu membedakan yang mana. Dan hanya karena satu wewangian menyebabkan sensitivitas tidak berarti semua wewangian."

Tergantung pada tingkat sensitivitas Anda, wewangian mungkin benar-benar terlarang bagi Anda. Tetapi jika Anda ingin mencoba, pelajari kiat mencoba produk perawatan kulit dengan wewangian pada kulit sensitif yang disarankan ahli.

1. Lakukan uji tempel

Sebelum meletakkan produk apa pun pada kulit sensitif, penting untuk melakukan "tes tempel." Ini berarti mengoleskan sedikit ke kulit di lengan atau pergelangan tangan Anda untuk melihat apakah itu menyebabkan reaksi sebelum masuk ke wajah Anda.

Jika Anda memperhatikan adanya kepekaan—yang biasanya akan muncul dalam bentuk ruam yang disebut dermatitis kontak—mungkin itu berarti Anda alergi terhadap sesuatu dalam formula tersebut. Anggap ini sebagai tanda pertama (dan paling jelas) bahwa Anda tidak boleh menggunakannya.

2. Perhatikan formulasi

"Sangat penting untuk menghindari aroma wewangian yang kuat dan memperhatikan cara produk diformulasikan," kata Dr. Garshick.

Dia menambahkan bahwa Anda biasanya harus menghindari produk yang dibuat dengan alkohol, yang dapat mengiritasi, dan mungkin ingin sebaiknya memilih aroma ringan daripada bunga dan musk yang berat. Jika selama ini wewangian alami dianggap tampak lebih aman daripada wewangian sintetis, sebenarnya tidak.

"Baik wewangian alami dan sintetis dapat menyebabkan dermatitis kontak iritan atau dermatitis kontak alergi, jadi penting untuk memperhatikan berapa banyak wewangian dalam suatu produk," katanya.

"Misalnya, beberapa [produk beraroma] yang dibuat untuk pemilik kulit sensitif mungkin menawarkan wewangian ringan dan tidak selalu menimbulkan masalah.

"Setiap kali Anda memiliki kulit sensitif, lebih sedikit (bahan) akan selalu lebih banyak," kata Dr. Garshick, jadi pastikan untuk membuatnya tetap sederhana.

3. Pilih kombinasi bahan-bahan yang sederhana dan lembut

Carilah bahan-bahan seperti ceramide, yang memperkuat penghalang kulit, dan asam hialuronat, yang membantu hidrasi. Hindari penggunaan bahan aktif yang keras, seperti retinoid dan asam pengelupasan.

4. Jangan menggunakan terlalu banyak produk dengan wewangian sekaligus

"Jika Anda memiliki kulit sensitif dan ingin mencoba produk dengan wewangian, penting untuk menghindari menggunakan terlalu banyak produk perawatan kulit beraroma pada saat yang sama. Pastikan untuk hanya memperkenalkan satu produk baru pada satu waktu," kata Dr. Garshick.

Jika uji tempel Anda berjalan dengan baik dan Anda siap untuk memberikan produk uji ke seluruh wajah, berikan kulit Anda beberapa minggu untuk menyesuaikan diri.

5. Hindari area mata

"Bagi banyak orang, kulit kelopak mata bisa menjadi sedikit lebih sensitif daripada bagian wajah lainnya," kata Dr. Garshick.

Ini mungkin berarti Anda sebaiknya hindari penggunaan pembersih beraroma yang ditujukan untuk seluruh wajah. Sebagai gantinya, pilihlah serum atau minyak beraroma ringan yang dapat dengan mudah dioleskan sambil menghindari area kelopak mata.

Jadi, janagan lupa lakukan tips-tips di atas, jika Anda pemilik kulit sensitif mendapat hadiah berupa produk dengan wewangian.

Baca juga: Punya Kulit Sensitif? Yuk Lindungi dengan 5 Tips Berikut Ini

WELL AND GOOD

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."