Punya Kulit Sensitif? Yuk Lindungi dengan 5 Tips Berikut Ini

Cara mengatasi jerawat pada kulit sensitif bukan hal yang mudah. Penggunaan produk skincare dengan bahan tertentu justru bisa menambah masalah pada kulit. (Foto: Pexels/Polina Tankilevitch)

kecantikan

Punya Kulit Sensitif? Yuk Lindungi dengan 5 Tips Berikut Ini

Senin, 11 April 2022 05:10 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Ketika musim pancaroba dan cuaca ekstrem menerpa, orang dengan kulit sensitif rentan timbul kemerahan, ruam, iritasi kulit, dan pori-pori tersumbat. Saat suhu dan terik matahari meningkat, maka akan membuat kulit terbakar. Terlebih, sebagian besar orang melewatkan perawatan kulit yang tepat untuk menghadapi cuaca ekstrem.

Oleh karena itu, perlu untuk memberi sedikit perawatan ekstra pada kulit untuk menghindari hal di atas. Saat cuaca semakin panas dan kelembapan meningkat di lingkungan sekitar, maka kelenjar minyak atau sebasea kulit Anda mulai memproduksi sebum berlebih yang menyebabkan pori-pori tersumbat dan kulit berminyak yang tidak diinginkan. Ini dapat memicu jerawat dan membuat kulit Anda terlihat kusam.

Di sisi lain, terlalu banyak paparan sinar UV meningkatkan produksi melanin untuk melindungi kulit Anda. Kelebihan melanin akhirnya menyebabkan kulit kecokelatan. Untuk menjaga kulit sensitif terlindungi, simak tips berikut ini yang akan sangat membantu!

1. Lindungi kulit

Penting untuk menutupi kulit Anda saat bepergian! Membiarkan kulit Anda terkena paparan sinar matahari terlalu lama akan merugikan kondisi kulit. Jadi, jangan lupa untuk membawa payung, kacamata hitam, dan topi besar saat bepergian untuk melindungi kulit Anda.

2. Kenakan tabir surya

Sinar UV-A dan UV-B matahari bisa membuat kulit Anda kasar. Selain juga memberi kulit cokelat yang membandel, sinar matahari dapat menyebabkan penuaan dini, bintik-bintik penuaan, garis-garis halus, dan kerutan. Menerapkan tabir surya berkualitas baik dengan SPF 30 atau lebih adalah wajib bahkan jika Anda tinggal di dalam ruangan.

3. Jaga diri tetap terhidrasi

Perbanyak minum air putih, karena Anda akan kehilangan terlalu banyak air di musim kemarau melalui keringat. Jadi, minum setidaknya 7-8 gelas air setiap hari agar Anda tetap terhidrasi dan tetap bersinar! Pilih juga sayuran dan buah-buahan untuk nutrisi tetap terjaga

4. Cuci muka

Sangat penting untuk membersihkan wajah Anda sekali atau dua kali sehari dengan pembersih ringan tanpa busa, bebas minyak, non komedogenik untuk kulit sensitif. Ini untuk menghilangkan minyak dan polusi dari pori-pori Anda, tetapi juga diingat buat tidak mandi air panas terlalu lama atau menggunakan pembersih kimia yang keras. Gunakan exfoliator lembut pada kulit untuk mengangkat kulit mati. Jangan gunakan scrub yang keras pada kulit jika Anda rentan terhadap alergi karena dapat merobek kulit dan menyebabkan iritasi.

5. Pelembab berbahan dasar air

Musim kemarau sudah membuat kulit Anda secara alami berat dan berminyak. Oleh karena itu, daripada menggunakan pelembap berbahan dasar minyak, maka gunakan pelembap hipoalergenik berbahan dasar air. Mereka sama-sama menghidrasi, tetapi ringan, lembut di kulit, dan sangat cocok untuk musim kemarau

Baca: Cocok untuk Kulit Sensitif, Sandra Dewi Ungkap Pentingnya Tabir Surya untuk Anak