Pekan Menyusui Sedunia, 6 Manfaat ASI Bagi Kesehatan Bayi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi menyusui. SpineUniverse

Ilustrasi menyusui. SpineUniverse

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaPekan menyusui sedunia merupakan momen yang penting bagi seluruh orang tua untuk mengetahui pentingnya pemberian ASI (Air Susu Ibu) Eksklusif bagi kesehatan bayi dan kesehatan Ibu. "ASI Eksklusif adalah pemberian ASI saja tanpa memberikan tambahan makanan atau minuman lain pada bayi usia 0 hingga 6 bulan," dalam web resmi Kementerian kesehatan.  

Pentingnya ASI bagi kesehatan bayi yang baru lahir adalah hal yang tidak bisa digantikan dengan air tajin maupun susu formula. Hal ini dikarenakan selengkap apapun nutrisi yang terkandung dalam susu formula, tidak akan dapat mengimbangi nutrisi yang terdapat dalam ASI. 

Berikut ini adalah 6 manfaat ASI bagi kesehatan bayi, diantaranya adalah:

1. Mengandung zat gizi sesuai kebutuhan bayi yang berguna untuk menunjang  pertumbuhan dan perkembangan fisik serta kecerdasan.

2. Melindungi bayi dari alergi.

3. Aman dan terjamin kebersihannya, karena langsung disusukan kepada bayi dalam keadaan segar.

4. Membantu dalam memperbaiki refleks menghisap, menelan dan pernapasan bagi bayi.

5. Bayi dapat lebih sehat, lincah dan tidak cengeng.

6. Bayi tidak sering sakit.

Dengan mengetahui berbagai manfaat ASI bagi kesehatan bayi, diharapkan mampu memberikan motivasi dan kepercayaan diri bagi ibu untuk dapat memberikan ASI Eksklusif minimal selama 6 bulan.

Tetap terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami kesulitan dan membutuhkan arahan dalam pemberian ASI, agar bisa segera mendapatkan penanganan dari petugas kesehatan.

Baca: Pandemi, Ini Keluhan Paling Banyak yang Dialami Ibu Menyusui

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."