Kiat Nirina Zubir Menjaga Berat Badan: Jadikan Timbangan Itu Teman

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Nirina Zubir. Foto: Instagram/@nirinazubir_

Nirina Zubir. Foto: Instagram/@nirinazubir_

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris dan presenter, Nirina Zubir punya kiat tertentu dalam menjaga berat badan ideal versinya. Salah satunya dengan rutin menimbang berat badan untuk lebih mengenal badannya sendiri. Maka dari itu, ia mengibaratkan timbangan sebagai "teman".

"Siasatnya sering-sering nimbang. Jadikan timbangan itu teman kita. Biasanya kita takut nimbang karena takut naik berat badan, sekarang ganti pola pikirnya," ujar Nirina Zubir di Jakarta, Senin, 1 Agustus 2022.

Menurut Nirina, dengan rajin menimbang badan, ia menjadi lebih mudah melakukan evaluasi mulai dari aktivitas yang dijalani hingga makanan yang dikonsumsi.

"Pagi timbang, lalu aku makan seharian dengan aktivitas seharian seperti jalan kaki dan segala macam, pas mau tidur nimbang lagi. Misal naik banyak, berarti ada yang harus diperbaiki besok, mungkin makanannya dikurangi atau aktivitas jalannya dibanyakin," tutur ibu dua anak itu.

Nirina menambahkan, ia akan menjadi lebih sering menimbang badan jika hari itu dia melakukan olahraga.

"Buat orang-orang mungkin mikirnya berlebihan. Tapi aku enggak berpikir begitu karena dari situ kita bisa mempelajari badan kita sendiri," imbuh 42 tahun itu.

Mengenai olahraga yang sering dilakukan, Nirina mengatakan ia sangat menyukai jalan kaki. Menurut ia, jalan kaki sangat efektif membakar kalori sama seperti lari, bahkan bersepeda.

"Aku pernah merasakan aku nimbang berat badan sebelum jalan kaki, terus pas selesai nimbang lagi. Bahkan gram yang berkurang itu kadang-kadang bisa lebih banyak daripada lari, ditambah enggak pake sakit, kalau lari kan ada aja yang sakit entah engkel, dengkul, paha," tutur istri Ernest Prakasa itu.

"Kalau jalan kaki kan karena biasa dilakukan sehari-hari, jadinya enggak terbebani. Tapi ternyata bakar kalorinya sama kayak lari. Jadi ya, ok, jalan kaki cukup menyenangkan," lanjutnya.

Sementara mengenai asupan makanan, Nirina mengatakan dirinya adalah flexitarian alias fleksibel dan vegetarian.

"Ada momennya aku mengurangi tepung, ada momennya aku mengurangi protein hewani, ada momennya aku ingin jadi vegetarian, ada momennya aku jadi pescatarian. Aku pikir sekarang ini flexitarian aja lah ya," tandas Nirina Zubir.

Baca juga: Nirina Zubir dan Suami Terapkan Pola Makan Sehat, Begini Caranya

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."