5 Rekomendasi Makanan Sumber Kolin, Baik untuk Menjaga Kesehatan Mental

Ilustrasi kacang almond. Unsplash.com/dhanya purohit

kesehatan

5 Rekomendasi Makanan Sumber Kolin, Baik untuk Menjaga Kesehatan Mental

Minggu, 31 Juli 2022 19:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Untuk meningkatkan kesehatan mental seseorang, kolin berperan dalam memperlambat penurunan kognitif. Kolin juga meningkatkan memori dengan menurunkan peradangan melalui penurunan kadar homosistein dan metabolisme lemak yang meningkat.

Rata-rata konsumsi kolin harian adalah 550 mg/hari untuk pria, sedangkan untuk wanita adalah 425 mg/hari. Shivika Seth, konsultan ahli gizi asal India, merekomendasikan lima makanan sumber kolin yang bisa dimasukkan ke pola makan Anda.

1. Labu botol (lauki)

Labu botol dikenal sebagai sumber kaya kolin, penyembuh mental dan pendahulu neurotransmitter asetilkolin yang sangat penting untuk mempertahankan serta meningkatkan memori di antara semua sayuran yang dikenal hingga saat ini.

2. Quinoa

Berbicara tentang biji-bijian, tidak dapat disangkal bahwa quinoa adalah salah satu makanan super yang merupakan sumber protein nabati lengkap yang sangat baik termasuk 43 mg kolin per 1 cangkir yang dimasak.

3. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari mengandung kolin yang menjadikannya prima untuk sintesis struktur seluler yang sehat dari neurotransmitter asetilkolin otak dan pengembangan memori. Satu sendok teh porsi biji matahari ukuran kecil mengandung 275mg kolin

4. Kacang almond

Kaya akan vitamin E, kacang almond juga merupakan sumber riboflavin, zat besi, magnesium dan l-carnitine yang mendukung metabolisme kolin untuk meningkatkan memori dengan mengurangi degenerasi saraf.

5. Wheatgrass

Wheatgrass mengandung vitamin K plus kolin, yang terkenal untuk mendukung pertumbuhan sel otak, menjaga sel bekerja secara teratur, dan baik untuk kesehatan metanl. Kolin yang ditemukan berlimpah di wheatgrass mendukung hati untuk tetap vital dan dalam kondisi yang baik dengan menutup timbunan lemak.

Baca juga: Kesehatan Mental Bisa Dipengaruhi 5 Hal Ini, Jangan Lupa Tertawa dan Minum Air yang Cukup

PINK VILLA