4 Manfaat Makan Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi pisang. REUTERS

kesehatan

4 Manfaat Makan Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Kamis, 28 Juli 2022 12:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Pisang adalah buah yang cukup kontroversial. Banyak orang menghindari pisang karena secara alami mengandung karbohidrat dan gula yang tinggi dibandingkan dengan kebanyakan buah lainnya. Ya, pisang adalah salah satu buah dengan kadar gula tinggi yang bisa Anda makan, tetapi itu tidak berarti Anda harus menghindari sepenuhnya. 

Faktanya, ada banyak manfaat nutrisi pisang yang mungkin belum Anda ketahui, seperti serat yang meningkatkan metabolisme dan kandungan kalium yang mendukung hidrasi.

"Pisang mengandung sekitar 30 gram karbohidrat dan 14 gram gula, yaitu sekitar dua kali lipat dari yang Anda dapatkan dengan secangkir raspberry," kata Tanya Zuckerbrot M.S., R.D., pendiri F-Factor.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat atau USDA, rata-rata pisang juga mengandung sekitar 1 gram protein, 3 gram serat, dan kurang dari 1 gram lemak. Pisang juga tinggi vitamin dan mineral penting, termasuk kalium (375 mg), magnesium (32 mg), vitamin C (14 mg), dan vitamin B6 (0,24 mg).

"Tergantung pada ukuran pisang yang tepat, kalori, karbohidrat, dan gula, misalnya, mungkin sedikit lebih tinggi atau sedikit lebih rendah," kata pakar kedokteran fungsional Will Cole.

Anda harus menyadari jumlah pisang yang Anda makan dan berhati-hati untuk tidak berlebihan. "Gula tetap gula untuk tubuh Anda, terlepas dari apakah itu dalam bentuk gula olahan atau fruktosa dari buah-buahan," jelasnya.

Berikut lima manfaat pisang untuk kesehatan tubuh:

1. Pisang kaya elektrolit kalium

Pisang adalah sumber potasium yang sangat baik, mineral penting untuk banyak fungsi tubuh. "Salah satu alasan utama kita membutuhkan kalium adalah untuk mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh kita," kata Jen Silverman, ahli gizi dan pelatih kesehatan holistik.

"Kalium juga telah terbukti menurunkan tekanan darah, memperkuat tulang, dan meningkatkan fungsi otot yang tepat."

2. Pisang kaya serat baik untuk kesehatan pencernaan dan metabolisme

"Pisang mengandung serat larut, yang membengkak seperti spons di perut sehingga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama," kata Zuckerbrot.

"Serat larut juga mengikat kalori dan lemak di perut serta usus. Serat tersebut juga menarik keluar lemak dari tubuh sebelum mereka dapat memasuki aliran darah. Ini mendukung kadar glukosa darah, mendukung tubuh Anda dengan energi yang berkelanjutan, dan membantu Anda buang air besar secara teratur."

Salah satu alasan banyak orang mungkin merasa sembelit saat makan pisang adalah serat membutuhkan air untuk melakukan tugasnya—makan makanan kaya serat membutuhkan minum setidaknya 2 liter air per hari. Menurut Silverman, Anda juga harus memperhatikan seberapa matang pisangnya.

"Pisang mentah—yang berwarna kuning kehijauan—dapat menyebabkan sembelit, sedangkan pisang matang dapat meredakannya," katanya. Sebab pisang mentah mengandung lebih banyak pati, sedangkan yang matang memiliki sedikit lebih banyak serat.

3. Pisang kaya vitamin B6

Zuckerbrot juga mencatat bahwa di antara manfaat pisang lainnya, buah kuning ini merupakan sumber vitamin B6. Satu pisang berukuran sedang dapat menyediakan sekitar seperempat dari kebutuhan vitamin B6 harian Anda, yang penting untuk banyak fungsi dalam tubuh termasuk metabolisme.

4. Pisang sumber karbohidrat alami dan sehat

"Pisang adalah sumber karbohidrat sehat dan akan memberikan bahan bakar untuk latihan," kata Zuckerbrot. Pisang juga dapat membantu mengurangi kram dan nyeri otot terkait olahraga.

Zuckerbrot menunjuk pada sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Proteome Research, di mana, setelah berpuasa semalaman, 20 pesepeda pria hanya minum air dengan pir atau pisang sebelum bersepeda dengan intensitas tinggi pada hari berikutnya. Mereka yang minum air dengan buah-buahan mengalami pemulihan 50 persen lebih cepat daripada mereka yang hanya minum air tanpa buah, dan juga lebih cepat dan memiliki lebih banyak energi.

Dengan sederet manfaat pisang di atas, beragam pula cara menyantap pisang. Selain bisa disantap secara langsung, pilihan lainnya adalah mengiris pisang di atas kue beras atau sepotong roti panggang. Anda juga memasukkannya ke dalam smoothies.

Baca juga: Cara Menyimpan Pisang agarTak Cepat Busuk