Cara Menyimpan Pisang agar Tak Cepat Busuk

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pisang. Foto: Unsplash.com/Anastasia Eremina

Ilustrasi pisang. Foto: Unsplash.com/Anastasia Eremina

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada beberapa cara menyimpan pisang agar dapat mengontrol proses pematangannya dan membuatnya tetap segar dalam waktu yang lebih lama. Dari segi kematangannya saat dibeli, pisang akan bertahan di meja selama dua hingga enam hari.

Jika Anda selalu membeli pisang, ingatlah untuk menggantungnya. Menggantung buah menghilangkan potensi memar, yang terjadi ketika pisang diletakkan di atas satu sama lain. Anda juga harus menjauhkan pisang dari sinar matahari langsung, karena panas matahari dapat menyebabkan buah cepat matang.

Seperti banyak buah-buahan, pendinginan dan pembekuan juga dapat memperpanjang umur pisang. Untuk lebih lengkapnya, berikut cara menyimpan pisang utuh dan irisan.

Cara Menyimpan Irisan Pisang

Irisan pisang berubah warna dengan cepat, jadi sebaiknya hindari memotongnya sampai Anda siap untuk makan. Namun, jika Anda telah memotongnya, disarankan memercikkan dengan sedikit jus lemon. Langkah tersebut akan menurunkan tingkat pH dan akan mencegah kecokelatan.

Setelah itu, masukkan ke dalam kulkas, baik dibungkus dengan kantong plastik atau dalam wadah atau tas penyimpanan makanan kedap udara. Disimpan dengan cara tersebut, irisan pisang bisa tetap segar selama tiga sampai empat hari.

Bisakah Anda Menyimpan Pisang di Kulkas?

Anda benar-benar dapat menyimpan pisang di kulkas. Ingatlah bahwa iklim yang sejuk dan kering memperlambat proses pematangan, itulah sebabnya pisang tidak disimpan dalam kulkas di swalayan. Dengan kata lain, jika Anda memasukkan pisang hijau yang belum matang ke dalam kulkas, kemungkinan besar pisang akan tetap seperti itu.

Selain itu, meletakkan pisang di lemari es terlalu cepat sebenarnya dapat merusak buah, menghentikan proses pematangan, dan menyebabkan pisang terasa pahit.

Kiat yang baik untuk diingat adalah menyimpan pisang di lemari es setelah mencapai tingkat kematangan yang Anda inginkan. Setelah pisang berada di lemari es, Anda memiliki waktu beberapa hari untuk menikmati buahnya sebelum mulai berwarna cokelat.

Bisakah Anda Membekukan Pisang?

Ya, Anda dapat membekukan pisang. Pastikan untuk menunggu sampai pisang Anda benar-benar matang sebelum membekukannya, karena dinginnya freezer akan menghentikan proses pematangan pisang.

Sebaiknya kupas dan potong pisang sebelum membekukannya, sehingga mudah digunakan saat Anda siap menggunakannya.

Untuk membekukan pisang, letakkan irisan di atas nampan atau loyang yang dilapisi kertas roti, dan masukkan ke dalam freezer. Setelah beku (tidak akan lama), pindahkan ke wadah tertutup atau kantong plastik.

Langkah ini, meskipun tidak sepenuhnya diperlukan, akan mencegah irisan pisang saling menempel dan membentuk massa. Kami menyarankan untuk memberi label wadah dengan tanggal dan jumlah pisang di dalamnya, sehingga informasi tersedia saat Anda menginginkan buah tersebut.

Baca juga: Hindari Makan Pisang saat Perut Kosong, Ahli Diet Ungkap Alasannya

REAL SIMPLE

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."