Putri Charlene Termasuk 7 Wanita yang Punya Hak Istimewa Privilige du Blanc

Paus Fransiskus bersalaman dengan Putri Charlene di Vatikan, 20 Juli 2022. Media/Handout Vatikan via REUTERS

mode

Putri Charlene Termasuk 7 Wanita yang Punya Hak Istimewa Privilige du Blanc

Jumat, 22 Juli 2022 19:00 WIB
Reporter : Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Penampilan Putri Charlene dari Monako mencuri perhatian saat bertemu dengan Paus Fransiskus di Vatikan, pada Rabu, 20 Juli 2022. Para pengamat mode bertanya-tanya mengapa gaya busananya tak sesuai dengan hak istimewa yang diperolehnya..

Istri Pangeran Albert II itu mengenakan pakaian tradisional hitam dan kerudung serasi yang akan dikenakan seorang wanita untuk bertemu dengan pemimpin gereja Katolik, padahal Charlene  memiliki hak istimewa yang hanya diberikan kepada tujuh wanita di dunia.

Yaitu privilège du blanc, Kerajaan Monarki adalah salah satu dari sedikit orang yang diizinkan mengenakan gaun putih dan kerudung warna senada saat bertemu dengan Paus.

Selain Charlene, Grand Duchess Maria Teresa dari Luksemburg, Putri Marina dari Napoli, Ratu Mathilde dari Belgia, Ratu Paola dari Belgia, Ratu Letizia dari Spanyol, dan Ratu Sofia dari Spanyol adalah bangsawan Katolik lainnya yang diberikan hak istimewa untuk mengenakan pakaian putih saat bertemu dengan Paus.

Mengingat keistimewaan itu, hingga saat ini tidak diketahui alasan Putri Charlene memilih untuk mengenakan busana serbahitam. Banyak yang menerka pilihan baju hitam karena ia merasa nyaman dengan warna tersebut di hari itu.

Bicara detail busana Putri Charlene, ibu dua anak itu diketahui mengenakan gaun yang dibuat khusus oleh Terrence Bray untuk pertemuannya dengan Paus. Gaun midi hitam bertekstur dengan lengan panjang. Gaun tersebut berdetail kerah boatneck yang memperlihatkan sedikit bahu.

Dia melengkapi penampilannya dengan cat kuku hitam, kerudung renda hitam, dan kalung mutiara gaya rosario. Ia juga memakai sepatu stiletto nude merek Louis Vuitton.

"Saya penasaran," cuit seorang penggemar kerajaan. “Bukankah dia salah satu dari sedikit bangsawan yang bisa memakai pakaian putih? Bukan kritik. Dia terlihat cantik.”

Akun mode lain menanyakan hal yang sama disertai mengunggah foto dari acara tersebut.“Saya bertanya-tanya mengapa dia tidak mengenakan pakaian putih karena dia memiliki privilège du blanc.”

Pada kunjungan sebelumnya ke Vatikan, Putri Charlene memilih untuk menggunakan hak istimewa itu. Dia mengenakan pakaian putih untuk audiensi pribadi dengan Paus Fransiskus pada tahun 2013 dan 2016. Namun, dia mengenakan gaun hitam untuk upacara pelantikan Paus tahun 2013.

Baca juga: Ungkapan Bahagia Anggun C. Sasmi Bertemu dengan Paus Fransiskus