10 Bahan Alami Detoksifikasi Tubuh, dari Jahe Hingga Beras Merah

Ilustrasi jahe. Freepik.com

kesehatan

10 Bahan Alami Detoksifikasi Tubuh, dari Jahe Hingga Beras Merah

Rabu, 20 Juli 2022 11:00 WIB
Reporter : Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, JakartaDetoksifikasi adalah bagian penting dari kesehatan yang optimal dan terdengar seperti praktik kesehatan yang modern. Padahal, detoksifikasi tubuh sudah ada sejak dulu dan dapat digunakan dengan bahan-bahan herbal. Detoksifikasi tubuh Anda dapat membantu dalam segala hal mulai dari pencernaan dan kesehatan usus hingga tingkat energi yang membuat kulit Anda lebih bersih.

Meskipun ada banyak kebiasaan kesehatan seperti olahraga yang membantu detoksifikasi, herbal juga dapat digunakan untuk mengeluarkan racun dari tubuh Anda agar tetap berfungsi dengan baik. Berikut 10 bahan herbal yang alami untuk mendetoksifikasi tubuh Anda, dilansir dari Narayana Health:

1. Jahe 

Jika terlalu banyak makanan berlemak atau alkohol telah menyebabkan masalah pada sistem pencernaan Anda, ada baiknya menambahkan jahe ke dalam makanan Anda. Jahe tidak hanya bagus untuk mengurangi rasa mual, tetapi juga dapat membantu memperbaiki pencernaan, mengatasi kembung dan mengurangi gas. Selain itu, jahe mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

2. Lemon 

Lemon adalah makanan pokok dari banyak diet detoks. Lemon dikemas dengan antioksidan vitamin C yang sangat bagus untuk kulit dan untuk melawan radikal bebas penyebab penyakit. Memiliki efek alkali pada tubuh, artinya dapat membantu mengembalikan keseimbangan pH tubuh dan menguntungkan sistem kekebalan tubuh. Cobalah memulai hari Anda dengan air panas dan seiris lemon untuk membantu membuang racun dan membersihkan sistem tubuh Anda. 

3. Bawang Putih

Ilustrasi bawang putih. Pixabay.com/Pam de Butler

Bawang putih tidak hanya sebagai antivirus, antibakteri dan antibiotik, tetapi mengandung bahan kimia yang disebut allicin yang meningkatkan produksi sel darah putih dan membantu melawan racun. Bawang putih paling baik dimakan mentah, jadi tambahkan beberapa bawang putih yang dihancurkan ke dalam saus salad untuk meningkatkan kesehatan Anda. 

4. Artichoke 

Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan alkohol, tambahkan daun artichoke yang sudah dikukus ke dalam makanan Anda untuk membantu mengembalikan tubuh Anda ke keadaan normal. Dikemas dengan antioksidan dan serat yang dapat membantu tubuh mencerna makanan berlemak. Selain itu, artichoke terkenal karena kemampuannya untuk merangsang dan meningkatkan fungsi hati. 

5. Akar Bit

Dikemas dengan magnesium, zat besi, dan vitamin C, akar bit adalah makanan super karena banyak manfaat kesehatannya. Bit tidak hanya bagus untuk kulit, rambut, dan kadar kolesterol, tetapi juga dapat membantu mendukung detoksifikasi hati, menjadikannya makanan detoks utama. Untuk menikmati manfaatnya, coba tambahkan bit mentah ke salad atau minum jus bit.

6. Teh Hijau

Ilustrasi Teh. Foto: Unsplash.com/Desi Dermz

Cairan sangat penting untuk menjaga organ kita tetap sehat dan membantu membuang racun dari tubuh, dan minum teh hijau adalah cara yang bagus untuk meningkatkan asupan Anda. Teh hijau bukan hanya minuman penurun berat badan yang baik, tetapi juga mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Penelitian juga menunjukkan bahwa minum teh hijau dapat melindungi hati dari penyakit termasuk penyakit hati berlemak. 

7. Kubis

Kubis tidak hanya baik untuk menurunkan berat badan, tapi juga merupakan makanan detoksifikasi yang sangat baik. Seperti kebanyakan sayuran silangan (termasuk brokoli dan kecambah), kubis mengandung bahan kimia yang disebut sulforaphane, yang membantu tubuh melawan racun. Kubis juga memasok tubuh dengan glutathione, antioksidan yang membantu meningkatkan fungsi detoksifikasi hati. 

8. Buah segar

Buah-buahan segar kaya akan vitamin, mineral, antioksidan dan serat. Jika Anda menginginkan mata dan kulit yang lebih cerah, rambut yang lebih berkilau, dan pencernaan yang lebih baik, cobalah tingkatkan asupan buah dari berbagai jenis yang berbeda. Cobalah memulai hari Anda dengan salad buah segar atau smoothie dan mengemil potongan buah sepanjang hari.

 9. Beras Merah

Ilustrasi beras merah. shutterstock.com

Jika Anda ingin membersihkan sistem tubuh Anda, kurangilah makanan olahan. Sebagai gantinya, cobalah biji-bijian yang lebih sehat seperti beras merah, yang kaya akan banyak nutrisi detoksifikasi utama termasuk vitamin B, magnesium, mangan, dan fosfor. Beras merah baik untuk membersihkan usus besar dan kaya akan selenium, yang dapat membantu melindungi hati serta memperbaiki warna kulit. 

10. Selada air

Seperti kebanyakan tumbuhan dan sayuran hijau, selada air adalah makanan penambah kesehatan dan detoksifikasi yang sangat baik. Daun selada air mengandung banyak nutrisi penting untuk detoksifikasi, termasuk beberapa vitamin B, seng, kalium, vitamin E dan vitamin C. Memiliki sifat diuretik alami, yang dapat membantu membuang racun keluar dari tubuh.

Baca: Menangis, Manfaatnya Bikin Lega Hingga Bentuk Detoksifikasi