Tips Mencegah Jerawat, Mulai Sering Cuci Muka Sampai Ganti Masker

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi jerawat di dahi. Freepik.com/Cookie_studio

Ilustrasi jerawat di dahi. Freepik.com/Cookie_studio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seringnya menggunakan masker selama masa pandemi Covid-19 terkadang menimbulkan dampak kurang sehat bagi kulit wajah, seperti timbulnya jerawat. Apalagi, jika malas mengganti masker secara berkala maka berisiko menimbulkan masalah kulit yang mengganggu. 

Michael Lawanto, dokter dari klinik kecantikan dr. MF Beautycare menuturkan selama pandemi Covid-19 banyak keluhan pada kulit wajah seperti timbul jerawat di area tertutup masker, serta kulit yang menjadi lebih kering. “Jerawat dan kulit kering tersebut bisa ditimbulkan oleh beberapa faktor seperti pemakaian masker, jarang terkena matahari dan jarang berkeringat, sehingga kulit jadi kering dan kusam,” tuturnya. 

Untuk mencegah masalah tersebut, maka ada beberapa tips mencegah jerawat yang bisa dilakukan secara mandiri dari rumah:

1. Banyak minum air putih

Agar wajah tetap bersih dan sehat serta mencegah timbulnya jerawat sebenrnya cukup mudah. Di antaranya, minum air putih yang cukup karena, kebiasaan banyak orang malas minum air putih jika tidak capek setelah beraktivitas. “Padahal, apabila kita kurang minum air putih kulit bisa mengakibatkan kulit kering. Dan, bila kulit terlalu kering bisa menimbulkan iritasi dan jerawat,” terangnya. 

2. Sering cuci muka

Sering cuci muka agar kebersihan terjaga meskipun tidak terkena debu. Menurutnya, cuci muka ini kerap dilupakan karena menganggap hanya di rumah merasa tidak kotor, dan tidak bertemu orang lain.   

3. Jangan lupa untuk menggunakan sunblock

Meskipun tidak keluar rumah, kita juga dianjurkan tetap mendapat vitamin D dari sinar matahari. Nah, kebanyakan orang yang berjemur di luar atau ke luar rumah sebentar saja lupa tidak menggunakan sunblock padahal itu penting untuk menjaga kulit wajah agar tidak kusam. 

4. Olahraga secara teratur

Sebab, ketika keringat keluar dari kulit maka secara tidak langsung hal tersebut membuat kulit menjadi jauh lebih sehat. Selain itu, dengan berolahraga membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar sehingga membawa dampak positif pada kulit. 

5. Istirahat cukup

Jika kalian kurang tidur akibat kebanyakan menonton televisi dan internetan akan membuat kulit menjadi tidak sehat. Keenam, mengganti masker. 

Lulusan S1 pendidikan dokter umum Universitas Wijaya Kusuma Surabaya ini juga menyampaikan, setiap habis makan sebaiknya kalian juga perlu mengganti masker. Sebab, biasanya seusai makan seseorang hanya membersihkan dengan tisu yang menyebabkan kuman-kuman menempel di permukaan kulit, sehingga timbulah jerawat di area dagu. 

Baca: Tips Mencegah Jerawat Walau Sering Makan Berminyak ala Vlogger Magdalena

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."