4 Olahraga yang Dibolehkan saat Haid, Jalan Kaki hingga Yoga

Ilustrasi wanita jalan kaki. Freepik.com/Yanalya

kesehatan

4 Olahraga yang Dibolehkan saat Haid, Jalan Kaki hingga Yoga

Selasa, 12 Juli 2022 05:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah perempuan enggan berolahraga saat haid, terutama sebelum haid dimulai dan selama beberapa hari pertama menstruasi. Sebabnya rasa lelah meningkat atau tak bersemangat. Sebenarnya, olahraga, khususnya yang ringan, dapat membantu meringankan beberapa keluhan menstruasi, salah satunya nyeri.

Lantas, olahraga ringan apa saja yang dibolehkan saat haid? Berikut empat di antaranya:

1. Jalan Kaki

Hormon yang mengontrol siklus haid Anda dapat berfluktuasi sebagai akibat dari aktivitas berat, tetapi olahraga ringan seperti jalan kaki bermanfaat sepanjang waktu dan memungkinkan Anda untuk mempertahankan rutinitas kebugaran.

Intinya, lakukan olahraga yang lebih pendek dan tidak terlalu berat untuk mengurangi beberapa gejala premenstrual syndrome atau PMS sekaligus mempertahankan kebugaran.

2. Pilates

Pilates memiliki efek yang sangat besar pada kesehatan dan kebugaran umum dan nyeri haid. Sebab pilates meningkatkan aliran darah, terutama ke otot-otot di daerah panggul. Anda dapat meningkatkan relaksasi otot-otot ini dengan melatih otot-otot panggul, yang akan meningkatkan sirkulasi darah.

3. Angkat Beban Ringan

Jika Anda tidak bisa berjalan-jalan atau ke gym, setidaknya Anda bisa mengangkat beban ringan di rumah. Pertahankan rutinitas olahraga, tetapi kurangi intensitasnya, terutama jika Anda merasa lelah. Pilih beban yang lebih ringan untuk berolahraga, jika Anda terbiasa melakukan latihan kekuatan intensif.

4. Yoga

Bagi mereka yang membenci gym dan lebih memilih aktivitas fisik tanpa mesin, yoga sangat dianjurkan. Banyak postur yoga membantu meningkatkan aliran darah dan mengurangi penyakit yang tidak menyenangkan. Yoga bermanfaat untuk kesehatan fisik dan emosional, dan latihan sehari-hari dapat membantu Anda merasa tidak terlalu tegang, mudah tersinggung, dan sedih. Ini juga dapat membantu Anda tetap sehat selama menstruasi.

Olahraga tidak diragukan lagi memberi banyak manfaat untuk kesehatan saat haid, asalkan tidak dilakukan secara berlebihan. Ingatlah, hindari olahraga berat yang menekan tubuh Anda saat haid karena bisa memperparah nyeri.

Baca juga: Mengenal Olahraga Low Impact, Lebih Sedikit Tekanan pada Persendian

PINK VILLA