Cara Menyimpan Buah Ceri agar Tak Cepat Busuk

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi buah ceri. Unsplash.com/Mohammad Amin

Ilustrasi buah ceri. Unsplash.com/Mohammad Amin

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Buah ceri identik dengan rasa manis dan asam. Karena ceri tidak matang dari pohonnya, seperti pisang,ceri dapat dinikmati segar dari toko kelontong atau pasar petani. Saat berbelanja ceri, cari yang memiliki batang hijau cerah dan kulit mengkilap dengan warna cerah. Ceri terlezat harus terasa padat dan montok, tanpa memar atau tanda-tanda pembusukan.

Terkait cara menyimpannya, yang perlu diigat pertama adalah menyimpan di dalam kulkas. Ceri akan cepat rusak jika dibiarkan pada suhu kamar, jadi Anda harus memasukkannya ke dalam kulkas segera setelah pulang dari toko kelontong. Setelah disimpan di dalam kulkas, ceri bisa bertahan sekitar seminggu. 

Jangan membilas buah ceri Anda sampai tepat sebelum Anda siap memasak atau memakannya. Saat Anda mencuci buah dan sayuran, air dapat meresap ke dalam kulit dan menyebabkannya lebih cepat rusak. Hal yang sama berlaku untuk buah ceri, jadi jangan membilasnya sampai waktu digunakan atau disantap.

Selain itu, jangan mencabut ceri dari batang hijaunya. Sebab batang hijau cerah buah ceri menunjukkan kesegaran, dan membiarkannya menempel akan membantu melestarikan buah.

Bisakah Membekukan Buah Ceri?

Jawabannya ya. Ingatlah bahwa mereka akan kehilangan bentuknya di dalam freezer, tetapi mereka akan tetap sempurna untuk semua selai, smoothie, dan sirup yang diinginkan hati Anda.

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membekukan ceri:

  1. Mulailah dengan memilih buah ceri yang matang.
  2. Tempatkan buah ceri di saringan dan bilas dengan air dingin, gunakan tangan Anda untuk memindahkannya dengan lembut.
  3. Keringkan dengan handuk dapur atau handuk kertas.
  4. Buang batangnya.
  5. Lubangi buah ceri, baik dengan lubang ceri atau dengan membaginya menjadi dua.
  6. Taruh buah ceri dengan posisi berhadapan di atas loyang yang dialasi kertas roti, dan masukkan ke dalam freezer sampai padat. Langkah ini akan memakan waktu sekitar dua jam.
  7. Pindahkan buah ceri ke wadah kedap udara yang aman untuk disimpan ke freezer.

Untuk mencairkan ceri, Anda cukup memindahkan wadah penyimpanan makanan dari freezer ke kulkas selama beberapa jam. Jika Anda lebih suka mencairkan sedikit buah ceri, cukup keluarkan ceri dalam jumlah yang diinginkan dari freezer dan letakkan dalam mangkuk yang ditutup dengan bungkus plastik di lemari es semalaman. Untuk mempercepat proses pencairan, Anda juga dapat menempatkan kantong buah ceri yang disegel dalam semangkuk air dingin.

Baca juga: 5 Manfaat Buah Ceri dari Berat Badan sampai Mengatasi Jetlag

REAL SIMPLE

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."